Categories

Gadget

[Review] Samsung Galaxy Tab A 8.0 2019, Tablet Basic untuk Semua Kalangan

Harganya hanya Rp 1,999 juta, ideal sebagai tablet keluarga

Lukman Azis - 24 October 2019

Lewat smartphone kita bisa melakukan segudang kegiatan, dari kerja sampai main-main. Namun ada beberapa aktivitas yang kurang nyaman bila dilakukan di layar smartphone yang sempit, di sini lah peran tablet dibutuhkan.

Tablet sendiri punya banyak macam, ada yang diciptakan sebagai ‘laptop replacement‘ lengkap dengan aksesori keyboard dan stylus. Ada pula tablet yang dirancang untuk digunakan bersama keluarga seperti Samsung Galaxy Tab A8 2019 yang akan kita review.

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau (Rp 1,999 juta), tablet berlayar 8 inci ini menawarkan banyak sekali skenario penggunaan. Kita bisa memanfaatkannya sebagai alat pembelajaran di rumah, mendukung produktivitas memudahkan pekerjaan, dan banyak lagi.

Layar 8 Inci

PSX_20191024_115705

Samsung Galaxy A 8.0 2019 mengusung layar 8 inci, ukuran yang ideal karena menawarkan keseimbangan portabilitas dan fungsionalitas. Form factor yang slim dan compact dengan ketebalan 8mm dan bobot 345 gram, membuat tablet ini praktis saat digunakan, mudah diselipkan ke tas, dan dibawa bepergian.

Panelnya beresolusi 800×1280 piksel dalam rasio 16:10 dan punya tingkat kerapatan 189 ppi. Tidak begitu tajam, tapi masih mencukupi untuk melakukan banyak hal di layar 8 incinya. Mulai dari membaca artikel atau buku elektronik, monitor lewat media sosial, menonton video, melihat atau mengedit laporan, hingga menunjang kegiatan produktif lainnya.

Build quality-nya cukup baik, kontruksi body-nya terbuat dari material aluminium di belakang dan campuran plastik pada frame-nya. Unit yang saya review berwarna silver gray dan bezel depan layarnya berwarna putih. Cukup cantik, sayangnya bagian dagu dan dahinya masih terlihat tebal.

Dual Speaker

PSX_20191024_115614

Tablet ini menjalankan OS Android 9.0 Pie, tampilan antarmukanya sangat simple. Menariknya kita bisa menggunakan Galaxy Tab 8.0 bahkan dalam kondisi terbalik, karena launcher-nya mendukung rotasi 180 derajat.

Dapur pacu tablet ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 429 yang terdiri dari CPU quad-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 504. Ditemani RAM 2GB dan storage 32GB yang bisa diperluas lewat microSD. Jadi, bisa mengunduh film Netflix atau video di YouTube, dan juga musik di Spotify tanpa perlu takut kehabisan memori.

Untuk game-game casual, tetap dapat dimainkan dengan cukup lancar di tablet ini. Berkat dual speaker yang letaknya di sisi bawah, keluaran suara stereo membuat saat nonton video, mendengar musik, atau bermain game menjadi lebih seru.

Kapasitas baterai sebesar 5.100 mAh, tentunya dapat menemani aktivitas Anda seharian. Soal fotografi, Galaxy Tab A 8 dilengkapi kamera belakang 8MP dan depan 2MP.

Alat Pembelajaran di Rumah

Bagi orang tua yang punya anak kecil di rumah, tablet tentunya dapat dijadikan alat pembelajaran. Rasa ingin tahu anak yang besar, sering kali smartphone kita diambil alih oleh anak. Padahal pekerjaan kita ada di smartphone, kadang ada notifikasi penting masuk atau takut salah pencet menghapus sesuatu.

Dengan perangkat terpisah seperti tablet, kita tidak perlu khawatir lagi. Sebab tablet ini dilengkapi fitur Kids Home Samsung, yang memungkinkan kita membentuk lingkungan yang aman bagi anak untuk menjelajah dan terhubung dengan dunia digital.

Verdict

Mempertimbangkan harga, spesifikasi, dan fitur-fitur yang ditawarkan, Samsung Galaxy Tab A 8 adalah tablet basic yang dirancang untuk semua kalangan. Utamanya sebagai senjata pelengkap untuk menjaga produktivitas, memudahkan pekerjaan, dan perangkat yang bisa digunakan bersama keluarga.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.

Advertisement

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech-related research and statistic reports, and follow the latest news about startups and gadgets.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter