31 July 2015

by Aditya Daniel

Review: Typed, Teks Editor Cantik Yang Kaya Fitur

Sebelum saya mengulas aplikasi yang satu ini, saya ingin bertanya kepada para blogger atau penulis yang menjadi pembaca setia Trenologi, apa teks editor yang Anda gunakan? Jawabannya pasti beragam, dan kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi teks editor bernama Typed.

Apliasi ini dapat Anda gunakan untuk mendukung kegiatan blogging atau penulisan teks. Penasaran seperti apa aplikasinya? Mari kita bahas.

Typed adalah sebuah teks editor besutan RealMac Software, yang juga pencipta dari salah satu aplikasi pembuat catatan berbasis gesture bernama Clear. Sebagai teks editor, Typed mendukung syntax penulisan markdown untuk memperindah tulisan yang diciptakan oleh John Gruber.

Info Menarik: Tips Mengganti Mesin Pencari di Safari Pada Perangkat iOS

Jika Anda belum mengerti apa itu Markdown, maka jangan khawatir karena Typed menyediakan bantuan syntax markdown yang bisa Anda pelajari melalui menu Help.

Typed mengusung 3 warna latar belakang yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan. Salah satunya adalah warna latar belakang hitam yang bisa Anda gunakan ketika menulis di malam hari agar mata tak mudah lelah.

Selain kustomisasi latar belakang aplikasi ada juga beberapa font yang bisa Anda gunakan selain Typed Pro yang menjadi default font aplikasi ini. Sayangnya Anda tak bisa menggunakan system font yang terinstal untuk digunakan pada Typed.

Keunikan Typed adalah fitur Zen mode. Fitur ini akan membuat tampilan Typed menjadi fullscreen yang juga secara otomatis memutar sebuah background musik untuk membantu Anda supaya lebih berkonsentrasi dengan tulisan yang sedang dikerjakan.

Fitur lain yang wajib diketahui adalah Typewriter mode, dimana tampilan tulisan akan berada di tengah layar Mac anda layaknya mengetik pada mesin tik.

Info Menarik: Review: VSCO Cam Untuk iPad

Typed versi terbaru bisa Anda dapatakan di Mac App Store seharga Rp 349 Ribu. Atau jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu, RealMac Software menyediakan masa trial selama 14 hari dengan mengunduh Typed dari situs RealMac Software.

Meski tergolong mahal untuk sebuah teks editor, namun Typed menawarkan pengalaman pengguna yang cukup baik dengan hadirnya Zen Mode. Oh ya, posting-an ini ditulis menggunakan Typed loh. :)