Categories

Gadget

[Review] Xiaomi Mi 11 Lite: Versi Ringan, Fitur Tetap Berbobot

Tetap layak menyandang keluarga flagship Mi 11 series meski berada di ranah yang berbeda

Lukman Azis - 29 September 2021

Smartphone flagship Xiaomi terbaru, Mi 11 series memiliki banyak model. Tiga yang masuk Indonesia diantaranya versi original Mi 11, model paling top Mi 11 Ultra, dan Mi 11 Lite yang merupakan versi ekonomis dari anggota keluarganya.

DailySocial Gadget telah kedatangan Mi 11 Lite versi 4G, kalau saya bandingkan spesifikasinya dengan Mi 11, perbedaannya memang sangat jauh dan harganya hingga 63% lebih murah. Apakah Mi 11 Lite tetap dapat menyuguhkan pengalaman premium? Langsung saja, berikut review Xiaomi Mi 11 Lite selengkapnya.

Desain & Build Quality

Xiaomi Mi 11 Lite tersedia dalam tiga konfigurasi memori, Xiaomi menjualnya dengan harga Rp3.699.000 (6GB+64GB), Rp3.799.000 (6GB+128GB), dan Rp3.999.000 (8GB+128GB). Sebagai pembanding, Mi 11 (8GB+256GB) dibanderol Rp9.999.000 di Indonesia.

Unit review Xiaomi Mi 11 Lite yang saya uji merupakan varian tertinggi, dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kesan pertama saya saat unboxing sangat baik, ia memiliki desain halo ring yang melingkari kamera utama seperti milik Mi 11 dan warna peach pink-nya tampil sangat mempesona.

Setelah menjajalnya selama beberapa waktu, saya akhirnya mengerti maksud lain dari label 'Lite'. Hal ini mengacu pada profil bentuknya yang ramping, ketebalannya di angka 6,81 mm dan bobotnya hanya 157 gram sehingga nyaman digenggam dan mudah ditangani dalam aktivitas sehari-hari.

Build quality-nya cukup premium, baik bagian depan dan belakang terbuat dari material kaca, tetapi bingkainya dari plastik. Permukaan belakangnya memiliki finishing buram yang sudah smudge-resistant sehingga kebal terhadap noda yang ditimbulkan oleh bekas sidik jari.

Mari kita lihat sekeliling bodinya, di sebelah kanan terdapat tombol volume dan power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari yang selalu aktif, cepat, dan akurat. Fitur face unlock juga cepat, tetapi tidak lebih aman dari sidik jari.

Sebelah kirinya polos, sisi atas terdapat mikrofon dan IR blaster yang memungkinkan Mi 11 Lite menjadi remote kontrol cadangan untuk perangkat elektronik seperti TV, AC, dan lainnya. Sementara, SIM tray yang berbentuk hybrid, mikrofon utama, port USB-C, dan speaker tersemat di sisi bawah.

Layar AMOLED HDR10

Bagian muka mengemas layar 6,55 inci DotDisplay dengan lubang kamera depan 16MP f/2.5 di pojok kiri atas. Model layarnya datar, tidak melengkung di bagian sisinya seperti Mi 11. Bezel samping dan bagian atas simetris dengan ketebalan hanya 1,88 mm, meski begitu Xiaomi berhasil menyematkan gril untuk earpiece di atas layar yang juga dapat berfungsi sebagai speaker stereo.

Selain itu, panel yang digunakan sudah berjenis AMOLED, ditopang resolusi klasik FHD+ dalam rasio 20:9 dan diproteksi Corning Gorilla Glass 5. Dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 240 Hz, membuatnya cukup ideal untuk bermain game kompetitif yang butuh respon cepat.

Xiaomi Mi 11 Lite juga dipastikan dapat memanjakan para penikmat film, sebab layarnya mendukung 10-bit yang berarti dapat menampilkan hingga 1 miliar warna, bersertifikasi HDR10, punya color gamut lebar DCI-P3, dan rasio kontras 5.000.000:1. Di pengaturan layar bisa dijumpai fitur color scheme, di mana pengguna bisa memilih satu dari tiga preset warna termasuk auto, saturated, dan original yang masing-masing mewakili color space tertentu.

Kamera Utama 64MP

Untuk mengabadikan momen dalam kehidupan sehari-hari, Mi 11 Lite mengandalkan tiga unit kamera di belakang. Kamera utamanya menggunakan menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW3 beresolusi tinggi 64MP dengan piksel 0,7 µm. Sensor gambar berukuran 1/1.97 inci ini berada di belakang lensa wide 26mm f/1.8.

Pada praktiknya dengan teknologi Tetrapixel 2x2, secara default hasil fotonya menjadi 16MP dengan ukuran per piksel lebih besar 1,7 µm yang mampu menyerap lebih banyak cahaya. Dengan mode night, asalkan memegang kamera dengan stabil saat memotret, hasil foto malam atau di kondisi minim cahaya masih dapat diterima dengan noise minimal.

Sebagai pelengkap, ada kamera 8MP menggunakan menggunakan sensor Sony IMX355 dengan lensa ultrawide 16mm f/2.2 yang memberikan bidikan lebar 119 derajat. Bersama kamera 5MP f/2.4 untuk bidikan macro pada jarak sekitar 3 - 7 cm. Berikut beberapa contoh bidikan kamera Mi 11 Lite.

Fitur kamera yang dibawa oleh Mi 11 Lite sangatlah lengkap. Selain mode utama seperti photo, portrait, video, dan pro, pada opsi 'more' ada 12 mode ekstra, meliputi night, 64MP, short video, panorama, documents, vlog, slow motion, time-lapse, dual video, movie effects, long exposure, dan clone.

Bagi para content creator, rangkaian fitur kamera tersebut tentunya dapat membatu dalam pembuatan konten yang lebih bervariasi. Perekaman videonya sendiri mendukung hingga resolusi 4K pada 30fps dan 1080p dengan frame rate 30/60fps.

Yang menarik, mode kamera pro pada Mi 11 Lite bisa digunakan untuk foto dan video. Beberapa pengaturan dapat disesuaikan lebih lanjut, mulai dari ISO, shutter speed, exposure compensation, white balance, focus, tiga lensa meliputi wide, ultrawide, dan macro, log format, zoom, histogram, exposure verification, focus peaking, serta metering mode.

Untuk membantu membuat konten yang lebih kreatif, dengan warna dan gerakan yang tampak sinematik, pengguna bisa mencoba mode vlog dan movie effects. Pada vlog, mode video ini tersedia total 13 template dan ada lima efek dari mode movie effects, semuanya dilengkapi preview sehingga bisa dengan mudah diikuti.

Performa

Sebagai smartphone kelas menengah yang dibanderol dengan harga mulai Rp3.699.000, chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang menenagai Mi 11 Lite terbilang mumpuni di kelasnya. Ditambah dukungan RAM LPDDR4X hingga 8GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 hingga 256GB.

Lebih detail, SoC ini dibuat pada proses fabrikasi 8nm dan didukung AI Engine generasi ke-4. Membawa CPU octa-core yang terdiri dari dua inti Kryo 470 Gold 2,3 GHz dan enam inti Kryo 470 Silver 1,8 GHz, serta GPU Adreno 618.

Secara keseluruhan, performa dari smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 11 dengan sentuhan MIUI 12.5.1 ini tak perlu dipertanyakan lagi. Dipastikan ia dapat menangani berbagai macam keperluan sehari-hari dan mampu menjalankan proses multitasking dengan lancar.

Begitu pula dengan gaming, Genshin Impact dan PUBG Mobile dapat berjalan lancar dengan pengaturan grafis tinggi. Semua kegiatan di perangkat ini mengandalkan baterai berkapasitas 4.250 mAh dan didukung pengisian cepat 33W.

Verdict

Membawa nama besar keluarga flagship Mi 11 series, fitur yang ditawarkan oleh Mi 11 Lite sama sekali tidak mengecewakan. Sebut saja, panel AMOLED FHD+ yang mana saat dipadukan dengan fitur dual speaker dapat menyuguhkan pengalaman premium saat menonton film. Di aplikasi Netflix, Mi 11 Lite dapat memutar film dalam kualitas HDR.

Sementara untuk gaming, kombinasi layar dengan refresh rate tinggi 90Hz dan chipset Qualcomm Snapdragon 732G, memastikan Mi 11 Lite dapat menangani berbagai game kompetitif dengan mulus. Tentu saja karena berada di kelas yang berbeda dengan Mi 11, maka wajar bila kemampuan kamera, performa, dan beberapa aspek lain mengalami penyesuaian.

Xiaomi Mi 11 Lite juga dapat bersaing ketat dengan kompetitor di kelas menengah, baik dari segi desain, fitur, dan spesifikasi. Justru ancamannya datang dari dalam, di mana ia harus berbagi tempat dengan Redmi Note 10 Pro dan Poco X3 Pro yang dijual dengan rentang harga yang tak jauh beda.

Sparks

  • Bodi tipis, build quality bagus dengan desain halo ring seperti Mi 11
  • Panel AMOLED FHD+ HDR10
  • Tiga kamera, kamera utama 64MP
  • Ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang powerful di kelasnya

Slacks

  • Sensor sidik jari di samping, belum di bawah layar
  • Bodi tanpa sertifikasi rating IP untuk ketahanan terhadap air dan debu
  • Kemampuan kamera dan performa disesuaikan dibanding Mi 11

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter