Categories

Gadget

[Review] Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop Essential: Bikin Rumah Bersih Saat ART Pulang Kampung

Tidak usah mengeluarkan tenaga ekstra setiap kali ingin membersihkan lantai

Dimas Galih W. - 16 April 2021

Bulan Ramadan sudah tiba, di mana umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Namun pada saat itu juga, mereka yang menggunakan jasa asisten rumah tangga juga cukup merasa berdebar karena akan pulang kampung (walaupun pemerintah sudah melarangnya). Dengan begitu, para pemilik rumah harus membersihkan rumah seperti menyapu dan mengepel. Namun, Xiaomi ternyata memiliki solusi yang membuat rumah bisa bersih.

Xiaomi saat ini sudah memiliki sebuah perangkat AIoT yang meringankan beban orang dalam membersihkan rumah. Perangkat tersebut bernama Xiaomi Robot Vacuum-Mop. Sesuai dengan namanya, robot yang satu ini akan menyapu serta mengepel lantai yang kotor sehingga tidak perlu lagi membuat pundak terasa pegal.

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential - Atas

Pada dasarnya, Xiaomi robot vacuum-mop ini adalah sebuah vacuum cleaner yang dapat berjalan sendiri. Pada bagian belakangnya terdapat sebuah alat pel yang nantinya akan membersihkan debu-debu. Robot ini sendiri nantinya akan bisa diatur secara otomatis untuk membersihkan rumah tanpa disuruh. Semua itu tentu saja diatur oleh sebuah aplikasi.

Spesifikasi dari Xiaomi Robot Vacuum-Mop adalah sebagai berikut

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential
Daya Hisap2200 Pa
KonektivitasWiFi 802.11 b/g/n 2.4 GHz
Baterai2500 mAh
Daya listrik25 watt
Tangki debu0.42 liter
Tangki air0.2 liter
SensorGyroscope, distance, collision, level
Dimensi43 x 39 x 14 cm
Bobot3,6 kg
FilterNylon + Sponge + HEPA

Seperti yang dilihat di atas, robot ini dijalankan dengan menggunakan baterai. Dengan kapasitas tersebut, Mi Robot Vacuum Mop Essential bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama. Dan robot ini akan secara otomatis kembali ke docking saat baterainya akan habis.

Unboxing

Inilah yang ada pada paket penjualan dari Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential.

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential - Unboxing

Desain

Benda berbentuk bundar ini terlihat cukup minimalis dan sederhana pada saat keluar dari paket penjualannya. Warna dari robot yang satu ini adalah putih, sehingga nantinya tentu akan memudar mengingat akan selalu berhubungan dengan kotoran. Saat mengeluarkannya pun sangat terasa bahwa bobot 3,6 kg ini belum tentu mudah diangkat oleh beberapa orang. Dan dimensinya yang cukup besar juga memerlukan ruang penyimpanan yang khusus.

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential - Samping

Perangkat ini datang dengan sebuah docking yang juga selain sebagai tempat untuk parkir juga untuk mengisi baterai sebesar 2500 mAh. Docking-nya sendiri memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. Charger yang ada harus ditancapkan pada bagian bawah docking ini. Hal tersebut berguna untuk memberikan daya bagi docking serta mengisi daya untuk robotnya.

Bagian depan dari Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential ini merupakan “mata” yang akan mendeteksi obyek yang ada didepannya. Sensor yang ada akan membuat Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential akan berhenti dan mengambil jalur lainnya untuk membersihkan lantai. Jika sensor tidak mendeteksi apa pun, namun ada ganjalan pada sisi kanan, kiri, maupun atasnya, cangkang dari sensor tersebut juga merupakan sebuah bemper yang akan mendeteksi benturan. Jadi, perangkat ini tidak akan memaksa untuk terus jalan saat membentur sesuatu.

Bagian belakangnya terdapat beberapa lubang ventilasi. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan pembuangan udara penyedot. Dan pada bagian bawahnya dapat ditemukan dua sapu dengan tiga tangkai kuas sapu yang akan mengumpan debu langsung ke lubang vacuum-nya. Nantinya, modul mop atau alat mengepel disambungkan juga pada bagian bawah-belakangnya.

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential - Bawah

Pada bagian atas dari Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential terdapat dua tombol, yaitu power dan home. Menekan tombol power selama dua detik akan menyalakan atau mematikan perangkat ini. Tombol home sendiri akan membuat Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential untuk bergerak menuju docking-nya.

Pada bagian atas pula, pengguna dapat membuka penutup untuk mengakses wadah debu dan air. Untuk wadah airnya, Xiaomi melarang pengguna untuk memakai air dengan disinfektan dan mengharuskan mengisi air yang bersih. Filter yang ada pada wadah debunya terpasang tiga lapis yang terdiri dari nylon, spons, dan HEPA.

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential - Filter

Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential dapat dioperasikan dengan memakai aplikasi Mi Home. Pada aplikasi ini, semua pengaturan dapat diakses sehingga memudahkan pengguna dalam memakainya. Mi Home juga akan menyediakan sebuah peta yang sudah dilewati oleh Mi Robot Vacuum Mop Essential. Jadi cukup terlihat bagian mana yang sudah dibersihkan oleh robot ini.

Pengalaman Menggunakan

Saat menerima Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential, saya tentu saja cukup penasaran. Pasalnya, robot yang satu ini merupakan perangkat AIoT pembersih rumah pertama yang saya uji. Dan karena merupakan sebuah perangkat AIoT, tentu saja sebuah aplikasi harus terhubung agar penggunaannya lebih maksimal.

Hal pertama yang saya lakukan setelah menaruh perangkat pada docking-nya adalah menghubungkannya pada aplikasi melalui bluetooth dan WiFi. Saya tidak menemukan kesulitan saat melakukan pairing. Dan hal pertama yang muncul pada aplikasi Mi Home adalah upgrade firmware. Tentu saja saya langsung memperbarui firmware yang ada pada Mi Robot Vacuum Mop Essential tersebut.

Setelah melakukan beberapa pengaturan, tibalah saatnya membersihkan lantai.  Namun sebelum menyapu lantai, saya sudah mengisi wadah air sampai penuh dengan air bersih sesuai dengan arahan dari Xiaomi. Modul pel juga sudah terpasang pada bagian belakangnya. Mi Home juga telah mendeteksi bahwa wadah air yang ada sudah terisi.

Saya pun menekan tombol Start pada layar smartphone. Robot ini melakukan inisiasi awal selama beberapa detik sebelum melakukan tugasnya. Namun perlu diketahui bahwa letak docking merupakan titik awal Mi Robot Vacuum Mop Essential bekerja. Jadi saya menyarankan untuk menaruhnya pada bagian ujung dari sebuah ruangan.

Xiaomi Robot Vacuum Mop Essential - Dalaman

Saat menyapu, saya cukup terkesima dengan kinerja dari perangkat ini. Semua jenis debu pun terhisap oleh perangkat ini. Akan tetapi, beberapa kotoran menempel seperti bekas makanan sepertinya tidak mampu disapu oleh kuas atau sapu yang ada. Oleh karena itu, saya harus mengerok beberapa kotoran yang menempel terlebih dahulu agar dapat terhisap oleh Mi Robot Vacuum Mop Essential.

Saat mengepel, air yang ada didalam wadah airnya pun juga turut membasahi lantai. Namun, beberapa kotoran menempel juga tidak mampu dibersihkan oleh Mi Robot Vacuum Mop Essential tanpa harus dibersihkan secara manual terlebih dahulu. Sayangnya, tanpa menggunakan cairan disinfektan membuat lantainya tidak bebas dari bakteri dan kuman. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengepel kembali lantai yang sudah dibersihkan oleh robot ini dengan menggunakan alat pel.

Walaupun segalanya otomatis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoperasikan robot ini. Hal pertama adalah kabel listrik yang kerap kali ada di lantai. Robot ini tidak akan mendeteksi keberadaan kabel sehingga akan langsung melewatinya. Hal yang merepotkan adalah pada saat ada rantai gorden yang cukup kecil dan akan membuat Mi Robot Vacuum Mop Essential menarik rantai tersebut hingga bisa copot.

Dimensinya yang ramping mampu membuat robot ini masuk ke bawah meja dan lemari. Walaupun begitu, tidak semua bagian bawah perabotan mampu dimasuki oleh robot ini. Dan berbicara mengenai bagian bawah perabotan, ada baiknya sebelum mengoperasikan Mi Robot Vacuum Mop Essential, untuk menggeser kursi ke bagian lain agar tidak mengganggu.

Sensor yang ada juga mampu membuat Mi Robot Vacuum Mop Essential mendeteksi adanya perbedaan ketinggian. Pada saat berada diujung lantai, seperti pada anak tangga yang menurun, robot ini langsung berhenti sehingga tidak terjatuh dan rusak. Namun, robot ini tidak mampu mendeteksi adanya railing pintu geser.

Saat membersihkan kotoran helai-helai rambut, saya mendengar adanya perbedaan bunyi. Setelah diperhatikan, bagian sapu yang berada ditengah terlilit banyak rambut. Untungnya, Xiaomi sudah menyediakan sebuah kuas yang juga memiliki pisau, sehingga dapat dengan mudah membersihkan rambut yang mengganggu. Untuk itu, saya hanya harus membuka bagian bawahnya dan menarik modul sapunya untuk membersihkan dari rambut.

Setelah semua area bersih, Mi Robot Vacuum Mop Essential akan kembali ke docking-nya. Hal ini mengartikan bahwa saatnya saya membuang kotoran yang sudah terhisap. Saya langsung membukan penutup bagian atasnya dan mengambil wadah kotoran.

Untuk mengambil kotoran, saya harus terlebih dahulu membuka wadah filternya. Dan hampir semua kotoran yang terhisap terkumpul dan terbentuk seperti sebuah kotak persegi panjang. Hal tersebut tentu akan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain membersihkan wadah debu, tentu saja kain pel yang ada pada bagian bawah perangkat ini juga harus dibersihkan. Gunakan sabun untuk mencuci kain microfiber tersebut dan setelah bersih bisa langsung digunakan kembali. Oleh karena dimensinya yang kecil, membuat pengguna tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra saat membersihkan kain pel tersebut.

Setelah selesai pembersihan, saya sama sekali tidak mengeluarkan tenaga ekstra. Terus terang, menyapu dan mengepel lantai merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra pada saat asisten rumah tangga sedang pulang kampung. Robot yang satu ini dijamin bisa membuat lantai terlihat bersih.

Verdict

Membersihkan rumah tentu saja akan memakan waktu dan tenaga, khususnya mereka yang merupakan pekerja kantoran. Oleh karena itu, jasa asisten rumah tangga dalam membantu membersihkan rumah sering kali dibutuhkan. Namun saat mereka tidak tersedia, memang dibutuhkan alat yang bisa membantu kita dalam membersihkan rumah. Salah satunya adalah dengan Mi Robot Vacuum Mop Essential.

Robot yang satu ini akan membersihkan lantai rumah dari debu. Selain menghisap debu, robot ini juga akan membersihkan lantai dengan cara mengepel. Namun yang harus diperhatikan adalah air yang digunakan tidak boleh tercampur zat apa pun. Sehingga pel manual masih dibutuhkan untuk membersihkan bakteri dan kuman yang mungkin ada.

Xiaomi menjual Mi Robot Vacuum Mop Essential dengan harga Rp. 2.299.000 dan saat tulisan ini dibuat, harganya sedang dipotong Rp. 100.000. Robot ini cocok untuk membersihkan lantai di rumah mau pun apartemen tanpa membuang waktu Anda. Dan tentunya, robot ini juga cocok sebagai pengganti sementara asisten rumah tangga saat mereka sedang pulang kampung dalam membersihkan lantai.

Sparks

  • Dapat membersihkan lantai secara otomatis
  • Dapat membuat peta ruangan secara otomatis
  • Daya tahan baterai cukup panjang
  • Sensor yang membuat perangkat ini tidak terbentur atau jatuh
  • Dapat dioperasikan melalui aplikasi
  • menjangkau bawah lemari

Slacks

  • Tidak mampu membersihkan kotoran yang menempel
  • Tidak bisa menghindari kabel dan rantai gorden
  • Tidak bisa menggunakan cairan disinfektan atau obat pel

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter