13 March 2015

by Glenn Kaonang

Revology Mustang Adalah Reinkarnasi Muscle Car Legendaris dengan Sentuhan Elemen Modern

Mobil klasik banyak menyimpan nilai-nilai yang, sejauh pemahaman saya, sulit untuk dideskripsikan. Entah gara-gara lekukan bodinya yang sudah jarang dijumpai saat ini, atau interiornya yang sederhana yang banyak dibalut kayu, yang pasti mobil klasik banyak diminati oleh para kolektor.

Ford Mustang adalah salah satunya. Muscle car legendaris yang amat dibanggakan Amerika Serikat ini sudah berkiprah generasi demi generasi. Akan tetapi, para penggemarnya masih aktif memburu versi orisinalnya yang terlahir di tahun 60-an.

Pun demikian, mobil klasik tidak sepenuhnya fungsional, apalagi jika dibandingkan dengan mobil-mobil terkini yang banyak dilengkapi seabrek teknologi canggih. Berpegang pada prinsip ini, Revology Cars ingin menawarkan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Info menarik: Renovo Coupe, Mobil Muscle Full Elektrik Berbekal Chip Nvidia

Mereka menggarap replika Ford Mustang edisi tahun 64–66 dari nol, bukan meminjam muscle car ini dari tangan kolektor lalu memolesnya menjadi baru. Bagian-bagian bodinya dipesan langsung dari Ford, lengkap dengan lisensi pabrik perakitnya.

Dinamai Revology Mustang, tampak luarnya tidak banyak berubah dari Ford Mustang versi orisinil. Hal ini penting mengingat salah satu nilai jual utama mobil klasik adalah tampang kunonya yang masih terawat hingga saat ini.

Begitu otentiknya bodi Revology Mustang, petinggi Revology mengklaim Anda bisa menancapkan baut milik Ford Mustang ke dalam bodi reinkarnasi modernnya ini.

Info menarik: Ada Gym Dalam Mobil Sedan Futuristik Italdesign Giugiaro Gea

Pun demikian, misi Revology Cars adalah mengintegrasikan komponen modern ke dalam mobil klasik guna meningkatkan performa, fitur keselamatan, kenyamanan dan efisiensi bahan bakarnya.

Misi tersebut diawali dari bagian luar, dimana Revology Mustang telah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, mengikuti tren yang kini tengah diadopsi hampir seluruh pabrikan otomotif lain.

Selanjutnya adalah memasang pintu mobil dan bagasi elektronik yang bisa dioperasikan dengan remote control. Di dalam kabin, hadir sepasang jok elektronik dan dasbor yang telah dilengkapi layar LCD untuk menampilkan berbagai informasi yang relevan.

Konektivitas Bluetooth turut disematkan untuk merealisasikan sistem hiburan berbasis perangkat mobile. Lebih lanjut, tersedia pula sepasang sambungan USB dan AUX. Semua ini diintegrasikan tanpa mengurangi kesan minimalis yang dimiliki interior milik generasi awal Ford Mustang.

Info menarik: Mobil ‘Travelling’ Garapan Senzati Harganya Rp 4 Miliar

Soal performa, mesin V8 5 liter berdaya 265 Hp yang tersembunyi di balik kap mesinnya juga telah dibekali teknologi injeksi elektronik, dengan efisiensi bahan bakar yang mencapai angka 13 liter per 100 km.

Perpaduan elemen klasik dan modern dalam wujud muscle car ini bisa didapat dengan harga mulai $119.500, sedangkan versi convertible Revology Mustang dihargai $122.000. Tersedia juga paket sistem audio premium – 6 speaker plus subwoofer dan amplifier bertenaga tinggi – seharga $2.495.

Meski baru berdiri, Revology Cars cukup ambisius dalam menjalankan bisnisnya. Ke depannya, jika permintaan cukup banyak, mereka berencana menggarap replika Ford Mustang edisi 67–68 atau 69–70 yang juga cukup diminati para kolektor.

Sumber: Revology via Car & Driver.