24 August 2015

by Glenn Kaonang

RHA S500i, Earphone $50 dengan Desain dan Kualitas Suara Premium

Dalam waktu beberapa tahun saja, RHA Audio tampaknya cukup berhasil membangun reputasi hingga akhirnya mereka dikenal sebagai pabrikan earphone premium. Sepremium apa? Earphone andalannya, RHA T20 dibanderol seharga $240, sangat tinggi dibanding mayoritas earphone lain.

Hal itu dikarenakan RHA mengusung filosofi tanpa kompromi. Dalam kasus RHA T20, earphone ini tidak hanya mengedepankan kualitas suara, tetapi juga fisiknya yang elegan sekaligus tahan banting.

Namun RHA tampaknya tengah bereksperimen dengan sesuatu yang berbeda kali ini. Mereka ingin membuktikan bahwa keseimbangan antara desain dan kualitas suara tersebut tetap bisa didapatkan dalam harga yang terjangkau. Dari situ, lahirlah RHA S500i.

Info menarik: Gelang Keren Ini Bisa Berfungsi Sebagai Earphone Bluetooth

Dibandingkan RHA T20, RHA S500i mempunyai ukuran yang amat ringkas. Dan ketimbang menggunakan konstruksi stainless steel, ia terbuat dari aluminium – ringan, tapi tetap lebih kokoh dan lebih elegan ketimbang plastik. Di dalamnya tersimpan driver yang diklaim sanggup mereproduksi suara dalam rentang frekuensi yang luas, tepatnya 16 - 22.000 Hz.

Setiap unit RHA S500i hadir bersama 7 pasang ear tip silikon dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga pengguna bisa menyesuaikan sendiri mana yang dirasa paling nyaman. Yang cukup unik, kabel 1,35 meter milik S500i mempunyai desain ganda: setengah ke atasnya seperti kabel standar, sedangkan setengah ke bawahnya merupakan kabel braided yang cukup tebal.

RHA S500i rencananya akan dipamerkan pada ajang IFA 2015 di Berlin bulan depan, dan mulai dipasarkan pada bulan Oktober 2015 seharga $50. RHA juga menawarkan varian yang tak dilengkapi remote dan mikrofon, S500, dengan harga $10 lebih murah.

Harga ini memang bisa dibilang masih lebih mahal ketimbang kebanyakan earphone lain. Namun demikian, saya kira sangat jarang Anda bisa berjumpa dengan earphone seharga $40 - $50 dengan desain logam yang premium seperti ini, apalagi ia juga digaransi selama 3 tahun.

Sumber: RHA Audio.