27 July 2018

by Glenn Kaonang

Ricoh Luncurkan App Store untuk Kamera 360 Derajatnya, Theta V

Karena memang berbasis Android, fungsionalitasnya pun bisa ditingkatkan lewat bantuan software

Kabar gembira bagi para pengguna Ricoh Theta V. Ricoh telah resmi meluncurkan Theta Plug-in Store, semacam app store di mana pengguna bisa mengunduh berbagai plug-in untuk meningkatkan fungsionalitas kamera 360 derajat tersebut.

Ekspansi fungsionalitas via software ini dimungkinkan karena Theta V memang berbasis Android. Pada dasarnya Plug-in Store ini mirip konsepnya seperti platform PlayMemories milik Sony, yang sayangnya sudah tidak lagi dijadikan fitur pada deretan kamera terbarunya.

Sejauh ini plug-in yang tersedia memang belum banyak, mengingat Ricoh memang baru bulan lalu memulai program untuk menarik para developer. Sejumlah mitra ternama, macam Sony, NTT Docomo dan HoloBuilder, sudah bisa dinikmati karyanya di Theta Plug-in Store.

Ricoh pun juga telah menyediakan plug-in bikinannya sendiri. Yang pertama adalah Wireless Live Streaming, yang memungkinkan Theta untuk terhubung langsung ke jaringan Wi-Fi sehingga pengguna dapat memulai sesi live streaming tanpa harus mengandalkan bantuan komputer.

Yang kedua, Automatic Face Blur (Beta) bakal mencoba mendeteksi semua wajah yang kelihatan pada hasil jepretan Theta, sebelum akhirnya membuat tampilan semuanya jadi kabur demi urusan privasi dan keamanan. Terakhir, File Cloud Upload memungkinkan Theta untuk mengunggah foto secara otomatis ke Google Photos via Wi-Fi.

Jadi bisa Anda bayangkan Ricoh Theta V yang semakin lengkap fiturnya seiring lebih banyak developer yang mengembangkan plug-in. Sejak generasi awalnya, Ricoh Theta memang tidak pernah menjadi yang terbaik soal kualitas gambar, tapi ia merupakan salah satu yang paling praktis, dan kehadiran Theta Plug-in Store ini bakal semakin memantapkan hal tersebut.

Sumber: DPReview.