Semenjak DJI meluncurkan Osmo Mobile, tren smartphone stabilizer atau gimbal di pasar aksesori terus meningkat. Dari sekian banyak yang beredar di pasaran, ada satu yang cukup menarik perhatian. Namanya Rigiet, dan ia memikat karena menawarkan fitur yang lengkap dalam harga yang cukup terjangkau.

Rigiet kompatibel dengan smartphone apapun yang memiliki layar berukuran 4,7 sampai 5,5 inci, atau dengan action cam GoPro via bantuan adapter. Gimbal 3-axis miliknya akan memuluskan hasil rekaman video meski Anda sedang berlari atau berada di atas skateboard, sekali lagi persis seperti cara kerja DJI Osmo Mobile.

Cukup buat seleksi pada objek yang ingin di-track, maka Rigiet akan mengunci fokus dan mengikutinya ke manapun ia bergerak / Rigiet
Cukup buat seleksi pada objek yang ingin di-track, maka Rigiet akan mengunci fokus dan mengikutinya ke manapun ia bergerak / Rigiet

Fitur tracking objek secara otomatis juga ada pada Rigiet. Lewat aplikasi pendampingnya, cukup buat seleksi pada objek yang ingin di-track, maka Rigiet akan mengunci fokus dan terus mengikuti objek tersebut ke mana saja ia bergerak. Fitur ini bahkan diklaim bisa terus aktif dalam sesi live streaming.

Mode lain yang tak kalah menarik adalah Motion Time Lapse, dimana video time lapse akan diambil selagi Rigiet melakukan panning secara otomatis untuk menambah kesan dramatis. Mode panorama otomatis juga tersedia, dan pengguna bahkan bisa memilih antara 180 derajat, 330 derajat atau 12 foto yang dijadikan satu.

Membalik posisi gimbal cukup semudah mengayunkan tangan / Rigiet
Membalik posisi gimbal cukup semudah mengayunkan tangan / Rigiet

Yang unik dari Rigiet adalah bagaimana pengguna dapat menyesuaikan posisinya dengan mudah, entah itu dalam posisi standar, portrait atau terbalik (underslung). Selain itu, mengatur arah pandangan kamera juga cuma semudah membelokkannya dengan tangan.

Gagang Rigiet dilengkapi dengan sejumlah tombol pengoperasian. Selain dengan tangan tadi, pengguna juga bisa menyesuaikan arah pandangan kamera menggunakan joystick kecil di atas tombol power. Untuk kembali ke posisi awal, cukup tekan joystick tersebut.

Rigiet bisa di-charge bersamaan dengan smartphone selagi perekaman berlangsung / Rigiet
Rigiet bisa di-charge bersamaan dengan smartphone selagi perekaman berlangsung / Rigiet

Rigiet dibekali sebuah baterai rechargeable berkapasitas 2.600 mAh. Istimewanya, ia dapat di-charge menggunakan power bank bersamaan dengan ponsel Anda, sehingga pada akhirnya yang menjadi batasan untuk berhenti merekam hanyalah kapasitas penyimpanan ponsel.

Sebagian besar dari fitur-fitur di atas memang bisa Anda dapatkan pada stabilizer lain di pasaran, akan tetapi seperti yang saya bilang, keistimewaan lain Rigiet ada pada harganya. Di Kickstarter, ia ditawarkan seharga $129 saja ($139 bersama adapter GoPro), sedangkan harga retail-nya diperkirakan berkisar $189, atau $229 jika Anda menginginkan adapter GoPro.