Riot Games Buka Stadion Mewah Khusus League of Legends di Korea Selatan

Salah satu fasilitas di dalamnya adalah warnet gaming berkapasitas 100 unit PC

Gaung League of Legends di Indonesia sekarang boleh jadi tampak meredup, kalah oleh MOBA yang lebih populer seperti Mobile Legends: Bang Bang dan Arena of Valor. Tapi secara global, League of Legends masih patut diperhitungkan.

Karya Riot Games itu tetap memegang predikat salah satu MOBA terbesar di dunia, termasuk juga di ranah esports. Saat ini pun tengah berlangsung turnamen tingkat dunia yang dikenal dengan nama League of Legends 2018 World Championship, atau “Worlds 2018”.

Menjelang dimulainya Worlds 2018 pada penghujung bulan September kemarin, Riot Games baru saja meluncurkan sebuah stadion eksklusif League of Legends di distrik Jongno, kota Seoul, Korea Selatan. Stadion itu bernama LoL PARK. Sarat dengan berbagai fasilitas serta pameran, stadion ini adalah “surga” bagi para penggemar League of Legends.

LoL PARK | Sumber: Akshon Esports

Warnet dengan 100 PC | Sumber: Akshon Esports

Menurut liputan dari Akshon Esports yang datang langsung ke LoL PARK, stadion tersebut memiliki ruang pertandingan yang dapat menampung hingga 500 orang pengunjung. Jangan bayangkan 500 orang itu adalah penonton yang berdiri layaknya di konser-konser. Di ruang pertandingan ini, tiap penonton mendapat tempat duduk eksklusif lengkap dengan meja untuk tempat minuman atau makanan ringan.

Fasilitas seru lainnya adalah PC bang (istilah Korea untuk warnet) mewah berkapasitas 100 komputer, lengkap dengan segala macam peripheral gaming yang dihiasi oleh nyala lampu-lampu RGB. Selain itu ada pula ruang pameran, di mana para pengunjung dapat melihat seragam para pemain top League of Legends, kafe untuk menongkrong santai, serta konter penjualan merchandise.

Pengunjung dapat membeli berbagai macam merchandise | Sumber: Akshon Esports

LoL PARK adalah tempat yang dibuat bukan hanya untuk kunjungan wisata, tapi juga untuk pertandingan profesional. Karena itu tempat ini memiliki fasilitas backstage yang sangat lengkap. Ruang tunggu dan ruang istirahat bagi para pemain disediakan berikut lima komputer gaming, sementara ruang rias didesain dengan cermin-cermin besar layaknya ruang rias selebritas Hollywood.

“Saya hanya bisa berharap LoL PARK dapat memberikan pengalaman unik dalam kehidupan sehari-hari. Distrik Jongno adalah tempat yang memiliki banyak perusahaan dan lebih banyak karyawan. Saya ingin fasilitas ini menjadi tempat yang dapat membuat Anda menengok dua kali dan berkunjung bila Anda melihatnya.

Stadion yang fokus pada League (of Legends) ini lebih menyerupai sebuah arena daripada studio. Saya telah memastikan dan menyiapkan tempat ini agar dapat menjadi ruang yang nyaman bagi para pemain. Di samping itu, saya telah melakukan yang terbaik untuk meletakkan berbagai atraksi dan fasilitas nyaman bagi para penonton yang mungkin berkunjung ke sini,” demikian keterangan dari perwakilan Riot Games Korea, Lee Seung Hyun, dilansir dari Inven Global.

Serius bisa, santai bisa | Sumber: Akshon Esports

Worlds 2018 menjadi ajang perdana yang digelar di stadion LoL PARK, tepatnya pada babak Play-In Stage di tanggal 1 Oktober kemarin. Munculnya fasilitas seperti LoL PARK ini merupakan pertanda bahwa saat ini esports memang telah menjadi industri yang besar, dan semakin menuju ke arah industri yang sustainable. Bukan tidak mungkin dalam waktu dekat esports akan memiliki pasar yang tak kalah besar dengan olahraga konvensional, seperti sepak bola atau bola basket. Siapkah Anda dengan perubahan tersebut?

Sumber: Kotaku, Akshon Esports, Inven Global Gambar header: Akshon Esports.