28 July 2017

by Glenn Kaonang

Selamat Tinggal iPod Nano dan iPod Shuffle

Apple sekarang hanya menjual satu model iPod saja, yakni iPod Touch

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah lupa dengan keberadaan iPod Nano dan iPod Shuffle. Maklum, kedua perangkat tersebut terakhir di-update pada tahun 2012 – 2010 untuk Shuffle – sedangkan di tahun-tahun berikutnya Apple hanya sekadar menghadirkan pilihan warna baru.

iPod Classic sudah lebih dulu dipensiunkan pada tahun 2014, dan sekarang giliran kedua iPod mungil itu akhirnya datang juga. Yup, iPod Nano dan iPod Shuffle sudah resmi di-discontinue. Kalau Anda mengunjungi situs resmi Apple sekarang, di kategori “Music” Anda hanya akan menjumpai satu model iPod saja, yakni iPod Touch.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh Apple sendiri melalui seorang juru bicaranya. Mulai hari ini, Apple hanya akan menjual iPod Touch saja dalam dua varian kapasitas: 32 GB seharga $199 dan 128 GB seharga $299. Varian 16 GB dan 64 GB sudah tidak tersedia lagi, terkecuali stok lama di toko-toko lain tentunya.

Semua generasi iPod Nano, dari yang pertama (kanan bawah) sampai yang terakhir (kiri atas) / Lifewire

‘Kematian’ iPod Classic, iPod Nano dan iPod Shuffle bukan salah siapa-siapa; tapi memang kehadiran iPhone, iPad dan iPod Touch sudah lama diprediksi bakal menjadi kanibal di pasar pemutar musik tradisional. Apple sendiri menyadari akan hal ini, dan mereka akhirnya memutuskan hari inilah waktunya – terlambat kalau menurut saya pribadi.

Sepanjang kiprahnya, iPod Nano sudah menjalani tujuh generasi dan iPod Shuffle empat generasi. Desain generasi awal dan terakhirnya sangatlah berbeda, dimana iPod Nano pada awalnya hanya terlihat seperti versi yang lebih kecil lagi dari iPod Mini, sedangkan iPod Shuffle yang dari awal memang tidak berlayar tampak mirip seperti remote Apple TV. Selengkapnya bisa Anda lihat langsung di situs Apple.

Sumber: The Verge.