20 August 2012

by Rama Mamuaya

Riset ComScore: Penonton Asal AS Tonton 37 Milyar Video Bulan Juli 2012 Lalu

Lembaga riset ComScore tidak lama lalu merilis data mengenai konsumsi video online YouTube khusus untuk pengguna internet asal AS. Menurut ComScore, 85% pengguna internet AS (atau sekitar 184 juta orang) menonton video online bulan Juli 2012 lalu. ComScore juga mencatat sedikitnya 37 milyar konten video yang dinikmati oleh pengguna internet AS dalam satu bulan.

Selain konsumsi video, ComScore juga mencatat 9.6 milyar iklan dalam bentuk video yang disajikan ke pengunjung situs video, dengan (lagi-lagi) Google di peringkat pertama dan situs video Hulu di nomor kedua. Fakta lain yang diungkap oleh ComScore adalah seperlima (20%) dari seluruh video online yang ada merupakan video iklan.

Menurut hasil riset tersebut, Google menjadi kanal paling populer bagi penikmat video online, tentu saja hal ini bisa dimengerti karena situs video terpopuler YouTube juga merupakan milik Google.

Yang mengejutkan, menurut fakta yang ditemukan ComScore, kanal terpopuler nomor 2 setelah Google tidak dimiliki oleh mesin pencari lain, melainkan oleh situs jejaring sosial Facebook. Tempat nomor 3 dan 4 di daftar tersebut ditempati oleh Vevo dan Microsoft.

sumber: cnet