Categories

Tech Business

Riset Jakpat: Tokopedia Jadi Aplikasi Marketplace dengan Tampilan Ternyaman

Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang berhasil menarik hati para konsumen dari segi tampilannya yang nyaman

Asti - 21 June 2021

Hingga hari ini, siapa saja mungkin sudah mengenal adanya tren belanja online, apalagi ditambah datangnya pandemi yang melanda Indonesia di tahun 2020 awal. Hal tersebut diketahui mengakibatkan lonjakan permintaan atau demand dari masyarakat terhadap antusiasme, keunggulan atau teknologi yang hampir setiap hari kita gunakan yaitu online shopping, yang di mana pada suatu saat nanti menjadi  jalan satu-satunya bagi masyarakat untuk berbelanja tanpa harus adanya pertemuan tatap muka. 

Apabila membicarakan tentang online shopping, tentu terpintas beberapa nama e-commerce yang sudah menjadi pilihan masing-masing, sesuai dengan kenyamanan dan kecocokan. Dengan maraknya tren dari online shopping ini membuat hampir semua platform e-commerce berlomba-lomba untuk menarik hati para konsumen agar konsumen tergerak untuk menggunakan aplikasi atau jasa yang disediakan. 

Jajak Pendapat atau Jakpat baru-baru ini melakukan riset yang menyatakan bahwa Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang berhasil menarik hati para konsumen dengan berbagai inovasi, baik dari segi tampilannya yang nyaman dan juga lewat campaign Ramadan TVC di tahun 2021 yang menjadi iklan terfavorit masyarakat selama momen Ramadan. Hasil tersebut didapatkan dari beberapa indikator penilaian yaitu, kemudahan dalam melakukan pencarian produk, tampilan produk warna yang paling nyaman, serta menu tampilan dan tampilan presentasi produk yang paling mudah menurut responden.

Seperti yang kita ketahui, Ramadan 2021 lalu merupakan tahun kedua perayaan Ramadan yang kita jalani di tengah pandemi. Adanya peraturan pemerintah yang melarang kita untuk bepergian dan larangan mudik yang diterapkan nyatanya meningkatkan upaya-upaya para pengusaha untuk memasarkan produk atau layanannya sekaligus melakukan campaign untuk mengarahkan masyarakat agar tetap di rumah saja. 

Karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk masyarakat berbelanja ataupun melakukan silaturahmi secara tatap muka, maka para pemain e-commerce turut memanfaatkan momentum untuk menayangkan beberapa iklan atau TVC yang relevan dengan kondisi pandemi saat ini. 

Jajak Pendapat atau Jakpat juga melakukan penelitian terhadap dua puluh iklan khusus produk dan jasa atau TVC selama musim Ramadan 2021 lalu. Penilaian yang diberikan ini mencakup beberapa aspek, tidak hanya dari segi kreativitas saja, namun tentunya pesan yang disampaikan kepada masyarakat juga harus tersalurkan. Kepada responden, penelitian iklan ini menyangkut mulai dari awareness, purchase intention, overall likes, uniqueness, believability, dan relevancy.

Tokopedia juga meraih peringkat pertama dari sepuluh iklan terfavorit yang ditayangkan dalam rangka edisi Ramadan 2020 silam, dan memiliki gelar ‘The most viewed Ramadan Ads’ (berdasarkan Ads Index dari Jakpat) yang di mana Tokopedia juga melibatkan sejumlah artis-artis ternama untuk membintangi iklan yang diproduksinya. 

Setelah mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat mengenai TVC yang telah diproduksi oleh Tokopedia, e-commerce yang satu ini juga unggul dalam hal user interface/user experience. Berdasarkan hasil survei Jakpat, Tokopedia menjadi platform e-commerce dengan tampilan atau UI/UX terbaik pilihan masyarakat Indonesia.

**Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Dessita Natasya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter