1. DScovery

Risk Manager: Definisi, Tugas, Posisi, Gaji

Apakah kamu ingin menjadi seorang Risk Manager di suatu perusahaan? Cek informasi detail berikut ini terkait definisi, tugas, posisi, hingga gaji Risk Manager!

Sebuah risiko biasa dijumpai di perusahaan-perusaahan, dari risiko kecil hingga risiko besar. Risiko ini dapat diidentifikasi melalui berbagai metode, termasuk survei, sesi curah pendapat, wawancara dengan karyawan, dan observasi prosedur perusahaan.

Karena memiliki pengaruh yang besar untuk perusahaan, perusahaan akan merekrut seseorang yang profesional untuk menjadi Risk Manager di perusahaan mereka.

Lantas, seperti apa Risk Manager itu? Simak penjelasan berikut ini.

Definisi Risk Manager

Risk Manager adalah orang yang mengawasi semua risiko yang dimiliki perusahaan kamu. Orang ini bertanggung jawab untuk memprediksi dan mengelola risiko, sehingga kamu dapat terus beroperasi dengan aman dan efisien.

Mereka ditugaskan untuk memastikan bahwa aset perusahaan aman, bahwa bencana tidak terjadi, dan bahwa mereka memiliki sumber daya yang memadai untuk menangani keadaan yang tidak terduga.

Penting untuk memiliki seseorang yang bertanggung jawab untuk mengantisipasi peristiwa ini sehingga mereka dapat dicegah untuk terjadi di tempat pertama.

Lazimnya, Risk Manager bekerja dengan departemen lain untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar.

Tugas Risk Manager

Risk Manager memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang besar karena sangat berpengaruh bagi perusahaan.

Berikut ini adalah 5 (lima) tugas yang akan sering kamu jumpai jika kamu menjadi Risk Manager:

Melakukan Penilaian Risiko

Tugas Risk Manager adalah melakukan penilaian risiko secara komprehensif mulai dari keuangan, keselamatan dan keamanan perusahaan.

Hal ini dilakukan dengan melihat informasi tentang operasi perusahaan, produk dan layanannya, reputasinya, dan pelanggannya.

Kemudian, Risk Manager akan melihat apa yang dilakukan perusahaan untuk mencegah risiko dan bagaimana menghadapinya ketika hal itu terjadi.

Mengidentifikasi Risiko

Tugas Risk Manager adalah mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko. Hal ini dapat dilakukan baik dalam skala besar maupun skala kecil.

Manajemen risiko skala besar melihat apa yang dilakukan bisnis untuk meningkatkan operasi mereka dan mengurangi risiko kerugian.

Sedangkan, manajemen risiko skala kecil melihat bagaimana kamu dapat mengurangi dampak risiko tertentu pada perusahaan.

Mengelola dan Mencegah Risiko

Dengan kata lain, Risk Manager bertanggung jawab mengembangkan rencana untuk menghindari atau mengurangi dampak risiko pada bisnis.

Risiko ini dapat mencakup masalah keuangan dan lingkungan, serta masalah hukum atau peraturan.

Tujuan utama dari rencana ini adalah untuk memastikan bahwa perusahaan dapat terus beroperasi dalam bentuknya saat ini dan mencapai tujuannya, dan akan mampu beradaptasi seperlunya ketika tantangan baru muncul.

Membangun Kesadaran Risiko

Tugas Risk Manager adalah membangun kesadaran risiko di lingkungan perusahaan.

Risk Manager juga bertugas untuk berkomunikasi dengan karyawan tentang risiko yang mereka hadapi di tempat kerja (dan mendorong mereka untuk melaporkan masalah apa pun yang dapat berkembang menjadi masalah).

Tidak hanya itu, mereka juga memastikan bahwa kebijakan perusahaan terkait keselamatan dan kesehatan dikomunikasikan secara efektif dan konsisten di seluruh organisasi.

Merancang Kebijakan Asuransi Perusahaan

Tugas Risk Manager adalah memastikan bahwa perusahaan memiliki rencana asuransi komprehensif yang mencakup semua risiko dan kewajibannya.

Namun tidak hanya merancang polis asuransi perusahaan, mereka juga harus memastikan semua risiko sudah ditangani, sehingga apa pun yang terjadi, perusahaan akan terlindungi.

Jika kamu ingin menjadi Risk Manager yang baik, maka kamu harus memiliki beberapa gagasan bagus tentang bagaimana perusahaan kamu dapat melindungi diri dari potensi risiko.

Posisi Risk Manager

Risk Manager tidak hanya memiliki satu posisi, mereka terbagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu:

Risk Generalist

Risk Generalist bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi risiko secara umum.

Mereka bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola kebijakan, prosedur, dan perjanjian yang terkait dengan risiko.

Mereka juga memastikan bahwa kebijakan ini diterapkan dan dipelihara di semua tingkat organisasi.

Credit Risk Manager

Credit Risk Manager bertanggung jawab untuk meminimalkan risiko atau pengembalian negatif di sektor pinjaman atau kredit.

Mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola semua kredit, termasuk mengevaluasi tingkat risiko peminjam baru dan lama, serta mengelola semua aspek proses kredit.

Credit Risk Manager juga bekerja dengan departemen lain untuk memastikan bahwa perusahaan menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk memaksimalkan keuntungan.

Market Risk Manager

Market Risk Manager bertanggung jawab untuk memantau dan menilai dampak perubahan kondisi ekonomi dan faktor lainnya terhadap bisnis.

Hal ini termasuk pemantauan indikator ekonomi seperti PDB, suku bunga, tingkat pengangguran, harga komoditas dan nilai tukar mata uang asing.

Market Risk Manager juga memantau data dari lembaga keuangan seperti bank, bursa saham, dan perusahaan asuransi.

Operational Risk Manager

Operational Risk Manager adalah proses di mana perusahaan mengelola paparannya terhadap peristiwa yang berpotensi merusak yang dapat berdampak negatif terhadap kemampuannya untuk memenuhi tujuan keuangan.

Hal ini penting karena perusahaan tidak dapat tumbuh atau tetap menguntungkan jika mereka tidak dapat mengelola eksposur risiko secara efektif.

Tujuan dari Operational Risk Manager adalah agar perusahaan mencapai tingkat risiko yang dapat diterima dengan dampak negatif minimal pada keuntungan mereka.

Gaji Risk Manager

Risk Manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola risiko dan memastikan bahwa operasi bisnis dilakukan sesuai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan.

Gaji seorang Risk Manager tergantung pada kualifikasi dan pengalamannya, serta posisi yang dia pegang di perusahaan.

Biasanya, gaji seorang Risk Manager sekitar 20 hingga 50 juta rupiah per bulannya!

Demikianlah penjelasan selengkapnya mengenai Risk Manager, semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again