1 June 2016

by Glenn Kaonang

Rivet Suguhkan Konser Musik Virtual Reality untuk Perangkat Mobile

Live ataupun rekaman, semuanya disajikan dalam wujud 360 derajat serta audio binaural

Menjamurnya tren livestreaming pada dasarnya dapat memudahkan akses konsumen menuju konser musik. Jadi ketimbang harus mampir ke venue dan berdesak-desakan dengan pengunjung lain demi menyoraki musisi idolanya, live streaming memungkinkan kita untuk menikmatinya dari mana saja dan di saat yang sama selama ada koneksi internet.

Tentunya kesan yang didapat tidak sebanding dengan menghadiri konser secara langsung. Namun seandainya live streaming tersebut disajikan dalam virtual reality, paling tidak pengguna bisa merasa seakan-akan sedang berada di venue yang sebenarnya.

Itulah premis yang ditawarkan oleh Rivet, sebuah startup asal AS yang bermisi menyajikan konser musik dalam wujud video 360 derajat maupun virtual reality bagi pengguna perangkat mobile. Mereka kini selangkah lebih dekat dengan targetnya setelah meluncurkan aplikasi Rivet Music untuk iOS.

Pengguna bisa melihat-lihat katalog konser musik yang disediakan oleh Rivet pada aplikasi, baik rekaman maupun yang sedang disiarkan secara live. Sejauh ini Rivet baru menayangkan gig dari Blue Note Jazz Club di New York City yang cukup legendaris. Nantinya, ada kemungkinan Rivet bisa memperluas jangkauan dan menayangkan konser musik VR dari tempat lain.

Video 360 derajat bisa dinikmati langsung dari iPhone atau iPad, atau pengguna juga bisa menyelipkan iPhone ke dalam headset Cardboard guna menambah kesan immersive. Dalam tiap konser terdapat sample video sehingga pengguna bisa meninjaunya terlebih dulu sebelum membeli konten secara keseluruhan viain-app purchase.

Saat ini Rivet Music sudah bisa diunduh di App Store secara cuma-cuma. Versi Android-nya dikabarkan akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Sumber: CNET.