1. Startup

Road Play Indonesia Bermain Hadir di Bandung

Sabtu kemarin, rangkaian acara Indonesia Bermain yang disebut Road Play hadir di Bandung. Acara yang dilaksanakan di Green Cafe & Resto, Jalan Diponeoro No. 26 Bandung ini menghadirkan para pengunjung dari kalangan mahasiswa, umum dan komunitas.

Road Play ini merupakan rangkaian acara Indonesia Bermain, sebuah event yang diselenggarakan oleh Agate Studio dan Kummara yang di dukung oleh Nokia Indonesia. Selain itu acara ini juga mengajak berbagai komunitas di masing-masing kota di mana Road Play dilaksanakan, yaitu Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Saat ini Road Play telah melewati 5 kota, tinggal Jakarta yang akan diadakan pada tanggal 30 Juli 2011.

Meski datang agak telat, namun saya melihat antusias para peserta yang datang di lokasi, terutama untuk mencoba berbagai board game yang telah disiapkan dan bisa dimainkan pada sesi akhir acara. Dari rilis yang dikirimkan ke DailySocial, acara di Bandung ini juga dihadiri oleh Magato Project (pecinta board game), FOWAB dan para pengembang game. Saya juga bertemu dengan beberapa pengembang game digital untuk perangkat bergerak.

Selain menghadirkan berbagai board game, acara Road Play juga sebagai ajang 'pemanasan' untuk kompetisi game ideas (digital dan board game) serta mobile game ideas yang pendaftarannya akan dibuka selama bulan Agustus, nantinya berbagai ide ini akan dikompetisikan pada acara puncak yang akan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 22 - 23 Oktober 2011, bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Bandung). Dengan tema Berbagai Semangat Positive Gaming acara puncak juga akan menghadirkan eksebisi, konferensi, creative performance, playground, serta kompetisi game idea.

Minat untuk permainan digital atau mobile game sepertinya cukup kurang, setidaknya dari acara di Bandung yang saya hadiri, jika dibandingkan dengan peminat board game jumlahnya kalah jauh. Meski telah menyediakan Nokia on the go (mobil yang dilengkapi dengan layar lebar dan handset Nokia untuk bermain game) serta sarana untuk mencoba berbagai mobile game keluaran Agate Studio, namun minat pengunjung yang mencobanya tidak seantusias peminat board game.

Bisa jadi dikarenakan mobile game bisa dimainkan kapan saja asalkan punya gadget-nya, beda dengan board game, lagi pula bermain secara bersamaan dengan orang lain bisa jadi memberikan rasa yang berbeda dari memainkan game sendirian. Mungkin bisa dikembangkan bentuk atau cara lain untuk menampilkan digital atau mobile game, agar rasa memainkannya bisa lebih seru.

Saya sendiri sempat berbincang dengan Arief dari Agate Studio, dan menanyakan tentang konsep acara puncak nanti, dari penjelasan singkatnya, saya cukup exited menunggu reallisasi dari rencana yang dituturkannya, karena akan dikemas dengan cukup megah, meski tidak semegah acara serupa di luar negeri, namun mendengar rencananya jadi penasaran untuk menunggu realisasinya di bulan Oktober nanti.

Sambil menunggu acara puncak, untuk Anda yang di Jakarta, silahkan bersiap untuk hadir di acara Road Play Jakarta pada tanggal 30 Juli 2011, informasi lengkap bisa dilihat di Indonesiabermain.com atau follow@IDbermain.

Disclocure: DailySocial adalah salah satu media partner acara ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again