Serial dokumentasi sains sudah lama menjadi bagian dari industri televisi, merupakan andalan channel seperti Discover dan National Geographic; namun Cosmos: A Spacetime Odyssey berjasa membuat acara-acara sains jadi trendi dan populer di kalangan awam. Akhirnya, muncul-lah pesaing program sejenis seperti Through the Wormhole dan One Strange Rock.

Untuk menandingi kepopularitasan Cosmos, baik Through the Wormhole serta One Strange Rock menunjuk selebriti terkenal sebagai host-nya, masing-masing dibawakan oleh Morgan Freeman dan Will Smith. Dan belum lama ini terdengar kabar yang menyatakan bahwa sang aktor film Iron Man beserta istrinya tengah mengembangkan program serupa. Bedanya, acara tersebut ditayangkan lewat platform video streaming berlangganan YouTube Red.

Melalui rumah produksi Team Downey, Robert Downey Jr. beserta Susan Downey menyingkap agenda untuk menggarap acara ilmu pengetahuan yang difokuskan pada tema kecerdasan buatan. Pengerjaannya dibantu oleh perusahaan produksi Network Entertainment serta Sonar Entertainment. Robert dan Susan akan menjadi executive producer, bersama dengan Emily Ford dari Team Downey, serta Jenna Santoianni and Tom Lesinski dari Sonar.

Acara tersebut belum mempunyai judul, tetapi Robert Downey Jr. sendiri yang nanti jadi host sekaligus naratornya. Bersama sejumlah pakar berbeda, program akan difokuskan pada artificial intelligence dari perspektif ilmu pengetahuan, filosofi, teknologi, hiburan, ilmu teknis, seni, ranah medis hingga futurism. Serial juga tentu saja akan membahas dampak dari keberadaan AI dan bagaimana ia mengubah cara manusia hidup.

“Robert dan saya mempunyai rasa penasaran yang tinggi terhadap AI. Tema ini sangat rumit dan sering kali kontroversial,” ujar Susan Downey via Deadline. “Tujuan kami di sini adalah mengeksplorasi kecerdasan buatan melalui perspektif yang objektif serta memastikannya mudah dicerna, heboh dan menghibur. Kami sangat bersemangat untuk menghadirkannya bersama Network Entertainment, Sonar, dan YouTube Red.”

Program baru itu akan dibagi menjadi delapan episode, masing-masing berdurasi satu jam. Team Downey berencana untuk menyajikannya secara eksklusif di YouTube Red. Mereka belum mengabarkan tanggal perilisannya secara spesifik, cuma bilang akan ‘tayang di tahun depan’.

Meski telah mendalami profesi akting selama puluhan tahun, peran Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark-lah yang membuat namanya melejit. Keinginannya untuk jadi host di acara sains bertema kecerdasan buatan memang sangat pas mengingat Iron Man selalu ditemani oleh asisten AI seperti Jarvis dan Friday dalam setiap petualangannya.

Gambar header: Comicbook.com.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.