Categories

Gadget

Robot Bernama Pillo Ini Dirancang Untuk Jaga Kesehatan Keluarga Anda

Pillo dilengkapi teknologi pengenal wajah dan suara, sehingga ia bisa melihat, mendengar dan mengerti maksud Anda.

Yoga Wisesa - 29 June 2016

Kesehatan adalah hal yang seringkali dilupakan, tapi begitu didamba saat kita jatuh sakit. Tak cuma menghabiskan uang, berobat ke dokter juga mengonsumsi banyak waktu berharga Anda. Tim developer Pillo Health dari New York mempunyai ide unik buat jalan keluar atas kendala ini berbekal teknologi robotik dan bidang kecerdasan buatan yang semakin canggih.

Beragam jenis robot telah diciptakan buat membantu manusia, dan kali ini, developer mengembangkan robot spesialis kesehatan anggota keluarga, mereka namai Pillo. Konsepnya sangat menarik, Pillo mampu menjawab pertanyaan user terkait kesehatan, menyambungkan Anda langsung dengan dokter, dan mengelola jadwal serta memberi tahu pengguna supaya tidak lupa minum obat.

Meskipun Pillo tidak bisa bergerak otomatis dan menyodorkan langsung antibiotik ke tangan kita, ia mengusung sistem AI cerdas yang akan bertambah pintar dan lebih mengenal anggota keluarga seiring makin banyaknya interaksi. Sewaktu Anda menyampaikan pertanyaan, Pillo langsung mencari jawabannya di internet. Namun tak cuma sekedar jawaban, sang robot hanya menggunakan informasi dari sumber terpercaya dan up-to-date saja.

Pillo diklaim sebagai robot kesehatan 'pintar' pertama di dunia.

Pillo dilengkapi teknologi pengenal wajah dan suara, sehingga ia bisa melihat, mendengar dan mengerti maksud Anda. Kemampuan tersebut memungkinkan robot beradaptasi terhadap kebutuhan spesifik, memastikan pasokan obat tetap tersedia, serta menjaga kerahasiaan data-data pribadi seperti jenis obat dan suplemen. Pillo juga mengamankan pasokan vitamin dan obat, hanya menyajikannya ke individu yang tepat ketika dibutuhkan, serta mengingatkan jika pengguna lupa.

Hebatnya lagi, para pecinta fitness bisa memperoleh banyak manfaat dari Pillo. Robot kesehatan ini dapat tersinkronisasi secara wireless ke perangkat wearable atau tracker, di mana Anda dipersilakan menyimpan, mengakses dan sharing data terkait kegiatan olah fisik sehari-hari. Kita tinggal menginstal aplikasi companion, tersedia untuk device Android dan juga iOS.

Developer menggunakan prosesor berbasis ARM sebagai otak dari Pillo, dan menyematkan layar touchscreen 7-inci, kamera HD, rangkaian microphoneomni-directional, serta melengkapi kreasi mereka dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Terdapat pula baterai lithium-ion di dalam, menjaga fungsi-fungsi utama Pillo tetap bekerja meskipun listrik sedang mati.

Tim Pillo Health saat ini sedang melangsungkan kampanye pengumpulan dana di situs Indie Gogo, menargetkan angka US$ 75 ribu. Di sana, versi Early Bird dibanderol seharga US$ 300. Jika program crowdfunding-nya sukses, rencananya Pillo akan mulai didistribusikan di bulan Juli 2017.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter