Categories

Gadget

Robot Bernama Tally Ini Menjaga Stok Barang di Toko Tetap Tersedia

Tally juga 'menyelamatkan' para staf toko dari tugas-tugas yang repetitif dan membosankan.

Yoga Wisesa - 12 November 2015

Sudah lama toko retail mengandalkan sistem IT untuk mengawasi stok barang mereka. Metode ini memuaskan dilihat dari perspektif perusahaan, namun beda halnya dengan kendala yang ditemui sehari-hari oleh pengelola toko. Kesalahan dan ketidakakuratan data pasokan berdampak negatif pada profit. Secara global, dalam setahun total kerugiannya mencapai ratusan miliar dolar.

Demi menyingkirkan masalah tersebut, sistem IT harus diracik lebih terperinci. Dan bagi satu tim asal Silicon Valley bernama Simbe Robotics, teknologi robotik merupakan salah satu jalan keluar paling optimal. Mereka memperkenalkan Tally, sebuah ‘solusi otomatis untuk mengaudit serta menganalisis rak penjualan pertama di dunia’. Deskripsi gamblangnya, ia diciptakan buat mengerjakan tugas yang paling membosankan dan repetitif.

Wujud Tally menyerupai robot telepresence, berdiri setinggi hampir satu meter (tepatnya 96cm), dengan bagian bawah melebar. Penampilan rampingnya mempermudah Tally ‘berpatroli’ di lorong-lorong toko, menjaga rak tetap terisi, mengawasi barang-barang yang mulai menipis, salah penempatan, ataupun salah harga. Langkah-langkahnya meliputi merekam, melaporkan serta memeriksa ketersediaan berdasarkan planogram.

Lewat Tally, Simbe menjanjikan proses yang murah, lebih sering, jauh lebih cepat, ditambah level akurasi hampir mendekati sempurna. Ia dilengkapi dengan sensor pendeteksi lingkungan dan pembaca lokasi barang, mampu kembali ke stasiun charge secara otomatis ketika baterai mulai menipis. Tally turut didukung platform dan API cloud, sehingga kita dimudahkan mengakses informasi detail mengenai toko.

Tally 02

Dari sana, Anda mendapatkan basis data buat menghitung performa penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta menghemat biaya operasional. Dan hebatnya lagi, Tally tidak memerlukan perubahan infrastruktur pada toko.

Brad Bogolea selaku CEO Simbe menjelaskan via Business Wire, “Dalam industri retail, pengalaman berbelanja sangatlah penting. Jika sebuah produk tidak tersedia saat sedang dibutuhkan, pedagang telah kehilangan kesempatan dan mengecewakan konsumennya. Tally membantu retailer mengadapi tantangan-tantangan itu melalui diagnosis yang cepat dan akurat, serta membebaskan staf agar mereka bisa fokus melayani pelanggan.”

Buat sekarang, Tally sedang berada dalam periode uji coba di sejumlah toko Amerika Utara. Ia dapat diintegrasikan ke sistem teknologi informasi yang sudah ada, dibangun dengan memanfaatkan platform open source Robot Operating System. Info soal harga dan waktu rilis bisa ditanyakan langsung ke tim Simbe lewat email sales@simberobotics.com.

Sumber: Simbe Robotics.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter