Amazon Uji Scout, Robot Pengirim Barangnya untuk Jalur Darat

Amazon Uji Scout, Robot Pengirim Barangnya untuk Jalur Darat

Mirip seperti robot serupa bikinan Starship Technologies
Amazon Scout / Amazon
Amazon Scout / Amazon

Amazon sudah cukup lama memiliki tim khusus yang bekerja di bidang pengembangan robot. Mereka pun juga sudah lama berharap dapat mengirim barang menggunakan drone, namun mungkin karena regulasi yang ketat dari sejumlah daerah, rencana tersebut tak kunjung terwujud.

Tentunya Amazon tak akan menyerah begitu saja. Mereka justru sudah menyiapkan alternatif yang lebih mudah direalisasikan, yakni sebuah robot pengirim barang yang menempuh jalur darat. Dijuluki Amazon Scout, ia sudah mulai menjalani uji coba di satu area bernama Snohomish County di Washington.

Melihat wujudnya, saya langsung teringat dengan robot serupa bikinan Starship Technologies, akan tetapi Amazon mengaku robot ini sepenuhnya dikembangkan oleh divisi robotiknya sendiri. Bentuk dan ukurannya mirip dengan cooler box yang biasa dibawa bertamasya, dan ia sudah dibekali dengan sederet sensor agar dapat bernavigasi sendiri dengan memanfaatkan energi listrik.

Berdasarkan penjelasan Amazon, tidak ada mekanisme pemesanan yang berbeda agar barang dapat dikirim menggunakan Scout, asalkan alamat tujuannya masih termasuk dalam area pengujian. Selama masa pengujian awal, Scout akan ditemani oleh karyawan Amazon demi memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Sejauh ini Amazon belum mengungkapkan rencananya untuk menggunakan Scout secara luas. Namun ada satu hal menarik yang saya temukan dari blog post resminya mengenai Scout: pada bagian akhir, ada tautan yang akan membawa pengunjung ke laman berisikan daftar lowongan kerja yang berkaitan dengan Amazon Scout.

Mayoritas lowongannya memang untuk profesi engineer, namun menurut saya ini merupakan salah satu cara Amazon untuk meyakinkan publik bahwa eksistensi robot macam Scout tidak harus berarti manusia bakal kehilangan lahan pekerjaan. Tenaga manusia jelas masih dibutuhkan, hanya saja untuk keperluan lain di samping kirim-mengirim barang.

Sumber: TechCrunch dan Amazon.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…