Home Appliance

Robot Ini Bersihkan Dapur dengan Sinar Ultraviolet

Biasanya, dapur adalah tempat yang paling 'kotor' di rumah kita. Kotor tidak hanya karena minyak goreng yang berceceran di mana-mana, tetapi juga karena bakteri – di mana lagi kita akan mengolah daging mentah kalau bukan di dapur?

Untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan, kita pun berupaya membunuh sebanyak mungkin kuman dan bakteri menggunakan cairan-cairan pembersih. Satu hal yang kadang terlupakan, cairan pembersih itu sendiri seringkali mengandung senyawa kimia yang juga berpotensi memunculkan efek negatif.

Kalau kita berkunjung ke rumah sakit atau laboratorium penelitian, besar kemungkinan kita akan menjumpai petugas-petugas di sana mensterilkan berbagai alat dengan memanfaatkan sinar ultraviolet (UV). Secara ilmiah, sinar UV memang terbukti efektif menyetop perkembangan bakteri. Jadi, kenapa tidak kita pakai di rumah saja?

Itulah yang ingin ditawarkan oleh UVe Bot. Ia merupakan sebuah robot berukuran kecil yang siap membersihkan berbagai macam permukaan dengan sinar UV. Ia siap Anda tugaskan di dapur, di ruang makan, di kamar mandi, atau di kamar bayi sekalipun.

Info menarik: GoSun Grill Adalah Alat Pemanggang Bertenaga Matahari

Fisik UVe sepintas tampak imut-imut. Dimensinya membulat dan ringkas, dengan diameter 147 mm dan tinggi 64 mm. Konstruksi rangkanya sendiri terbentuk dari plastik ABS dan aluminium. Pada bagian atasnya, terdapat satu tombol untuk memulai pengoperasiannya.

UVe sendiri dapat beroperasi secara mandiri. Anda tidak perlu mengontrolnya; letakkan di atas meja dapur, maka ia akan menelusuri semua permukaan sembari memancarkan sinar UV ke bawah.

Menariknya, UVe bisa mendeteksi apabila ia sedang berada di ujung meja, atau ketika ada objek di hadapannya. Pada titik tersebut, ia akan mundur secara otomatis dan membelok ke arah lain. Lebih lanjut, ia akan otomatis berhenti memancarkan sinar UV ketika Anda mengangkatnya di tengah 'jam kerjanya'. Fitur ini disematkan agar resiko bahaya sinar UV terhadap mata manusia bisa dihapuskan.

Info menarik: Drumi Bisa Mencuci Pakaian Tanpa Bantuan Energi Listrik

Selain di atas meja dapur berbahan kayu, UVe juga bisa membersihkan jenis-jenis permukaan lain, tidak peduli kering atau basah – asalkan jangan Anda tempatkan di tembok atau di mana pun secara vertikal. Di atas keramik, marmer, beton sampai karpet berbahan gabus pun siap ia jelajahi selagi 'menyemprotkan' sinar UV.

UVe ditenagai oleh baterai yang rechargeable. Ia bisa beroperasi selama 2 jam sebelum perlu di-charge selama 3 jam. Saat daya baterainya hanya tersisa 10%, ia akan bergerak balik ke arah charging dock-nya dengan sendirinya.

Saat ini UVe Bot masih menjalani kampanye crowdfunding di Kickstarter. Pledge terendah yang tersedia saat ini adalah $89 untuk satu unit UVe beserta charging dock-nya. Sayangnya, ekspansi internasional UVe sejauh ini baru mencakup Eropa dan Australia.

Via: Geeky Gadgets.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter