1. Startup

Rocket Internet Mengindikasikan Ekspansi E-commerce di Indonesia

Biangnya tiruan, Rocket Internet, yang merupakan perusahaan internet asal Berlin dan berspesialisasi dalam menmbuat tiruan perusahaan internet yang telah sukses dan menyasar pasar lokal, mengindikasikan bahwa mereka akan berekspansi ke wilayah Asia Tenggara. Seperti yang dituliskan oleh Sarah Lacy, mereka adalah jenis pengusaha yang paling buruk. Tidak ada komitmen atau kepercayaan mengenai apa yang mereka bangun dan hanya berusaha untuk mencari keuntungan semata.

Meskipun memalukan, namun tidak membuat mereka berhenti melakukan ekspansi, termasuk ke Asia. Rekan kami di SGEntrepreneurs baru saja menuliskan sebuah berita bahwa Rocket Internet meluncurkan Zalora (clone dari Zappos) di Malaysia dan dalam waktu dekat akan meluncurkannya di Singapura juga. Sudah sewajarnya kalau tukang clone ini mempertimbangkan memasuki pasar Indonesia yang terus tumbuh.

Dan, mereka kini telah hadir.

Rocket Internet baru saja melakukan merekrut beberapa orang untuk menjalankan kegiatan operasional mereka di Indonesia. Berdasarkan informasi yang ada LinkedIn, mereka telah mengisi beberapa posisi dan masih mencari kandidat lain. Mereka kini telah memiliki VP untuk Digital Product dan Internet Marketing, dan seperti informasi yang muncul di Twitter, mereka juga mencari (dengan sedikit putus asa) kandidat untuk mengisi posisi Internal Recruiter di 'Fashion E-Commerce Giant'.

Pergerakan perlahan ini secara jelas mengindikasikan bahwa Rocket Internet secara agresif memperluas kehadiran mereka di Indonesia. Saya mencoba pula untuk mencari informasi alamat situs Zalora.co.id (berdasarkan situs Zalora.com yang berbasis di Malaysia dan Singapura) serta alamat situs rocket-indonesia.co.id, namun sayangnya dua alamat situs Indonesia ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang signifikan. Tapi dari pengecekan IP menunjukkan bahwa domain Zamora.co.id memiliki host yang sama dengan Zamoda.com. Ada kemungkinan bahwa Zamoda versi Indonesia dari Zalora yang telah ada di Malaysia dan Singapura.

Sejauh ini, itulah informasi yang saya dapat kumpulkan. Kami akan memperbarui lebih banyak berita tentang aktivitas Rocket Internet di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again