Categories

Gadget

Rode Wireless Go II Mudahkan Perekaman Audio dengan Dua Subjek yang Berbeda

Upgrade signifikan dibanding versi pertamanya yang diluncurkan dua tahun silam

Glenn Kaonang - 24 February 2021

Diumumkan di tahun 2019, Rode Wireless Go merupakan sebuah mikrofon nirkabel mungil yang sangat praktis untuk digunakan. Namun Rode rupanya sudah punya versi yang lebih baru, yang menghadirkan sederet penyempurnaan signifikan.

Secara estetika, Rode Wireless Go II memang tidak banyak berubah, baik unit transmitter maupun receiver-nya. Yang baru adalah adanya satu unit transmitter ekstra pada paket penjualannya. Berbeda dari pendahulunya, unit receiver milik Go II dapat menerima input dari dua unit transmitter sekaligus, sangat cocok bagi yang hendak membuat konten dengan dua subjek yang berbeda.

Seperti sebelumnya, unit transmitter-nya dilengkapi mikrofon omnidirectional dan mekanisme clip-on sehingga bisa langsung digunakan untuk menangkap suara. Alternatifnya, pengguna juga dapat menyambungkan lavalier mic (dijual terpisah) via colokan 3,5 mm. Dengan begitu, unit transmitter-nya bisa disembunyikan agar tidak tertangkap kamera.

Unit receiver-nya turut menerima upgrade yang tidak kalah substansial. Yang paling utama, pengguna kini bisa memilih opsi output antara TRS 3,5 mm atau USB-C. Ini berarti pengguna bisa langsung menyambungkan unit receiver-nya ke PC, laptop, maupun perangkat Android dan iOS menggunakan kabel USB-C, tidak perlu lagi bantuan kabel SC7 TRRS.

Jangkauan transmisinya juga sudah ditingkatkan dari 70 meter menjadi 200 meter, dengan catatan tidak ada objek yang menghalangi di antara unit transmitter dan receiver-nya. Unit transmitter-nya juga dapat menyimpan hasil rekaman secara otomatis ke storage internalnya (on-board recording), dengan durasi total sekitar 24 jam. Baterainya sendiri diperkirakan bisa bertahan sampai 7 jam pemakaian dalam sekali charge.

Sepintas fitur on-board recording ini mungkin terdengar sepele, tapi pada praktiknya bisa sangat berguna. Jadi seandainya koneksi sempat terputus, pengguna masih bisa mengakses rekaman audio lengkapnya dari penyimpanan milik transmitter-nya tersebut.

Secara keseluruhan, Rode Wireless Go II terkesan semakin user-friendly dan kian praktis lagi. Harganya memang lebih mahal daripada versi pertamanya – $299 – tapi itu wajar mengingat paket penjualannya mencakup dua unit transmitter sekaligus.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter