ROI Ala Strategi Email Marketing yang Lebih Menguntungkan

Email Marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat mencapai ROI sebanyak 3800%

Menjalankan sebuah bisnis tentunya tidaklah mudah, apalagi bila menjalankannya saat pandemi. Selain, karena adanya batasan dalam melakukan pemasaran, banyak ide bisnis yang bermunculan yang akhirnya menambah persaingan. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang membuka peluang bisnis saat pandemi harus memilih strategi marketing yang tepat.

Salah satu bentuk strategi marketing yang efisien dan juga memiliki anggaran yang murah adalah email marketing. Strategi email marketing adalah bentuk strategi pemasaran produk atau jasa yang mengandalkan pesan email sebagai pemasaran digital. Sebagai bentuk pemasaran digital, email marketing bisa menjadi salah satu strategi marketing di masa pandemi, selain anggarannya yang murah juga menurut artikel MTARGET, generasi milenial lebih suka mendapatkan promosi brand melalui email karena lebih bersifat profesional.

Bahkan, 90% bisnis yang mengadopsi strategi marketing ini berguna untuk meningkatkan penjualan, karena dengan menggunakan email marketing marketer bisa menjangkau konsumen lebih jauh dengan mengandalkan pendekatan personal. 

Tidak hanya meningkatkan penjualan, email marketing memiliki ROI yang tinggi

Selain biayanya yang murah, pemilihan email marketing sebagai channel pemasaran adalah karena bisa meningkatkan ROIApa itu ROI?

Return of investment atau biasa yang disingkat ROI adalah sebuah rasio untung dan rugi investasi yang dihasilkan oleh pemasaran digital. Berbeda dengan channelmarketing lainnya, Direct Marketing Association (DMA) menyebutkan bila ROI email marketing menghasilkan return $40 untuk setiap $1 yang dibelanjakan. Bahkan, channelmarketing lainnya tidak bisa menyentuh angka return ini.

B2B marketing juga mengatakan bahwa channel pemasaran yang berhasil meningkatkan revenue adalah email marketing dan faktanya juga 87% menggunakan channel ini untuk untuk meng-generate leads baru. Selain itu, MTARGET melalui artikel business report “The ROI of Personalized Marketingjuga menyebutkan bahwa email marketing bisa meningkatkan ROI hingga 3800% jika segmentasi dan personalisasi dilakukan secara tepat dan maksimal.

Namun untuk meningkatkan ROI pada email marketing perlu memaksimalkan beberapa variabel, yang pertama adalah persentase deliverability, di mana keberhasilan email yang diterima oleh audiens memiliki peran penting dalam menentukan apakah kampanye melalui email bisa terus dilakukan. Sebab, bila persentase deliverability-nya rendah, reputasi dari domain Anda akan mengalami penurunan dan berujung semua email promosi masuk ke dalam folder spam audiens. Selain deliverability, perusahaan juga perlu memperhatikan Click Through Rate (CTR), Open Rate, dan Interaction Rate.


Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Tasya Kania A. C.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again