Categories

Gadget

Keluar dari Zona Nyaman, Roku Luncurkan Speaker Wireless untuk TV

Spesifiknya Roku TV, yakni smart TV yang ditenagai oleh Roku OS

Glenn Kaonang - 17 July 2018

Roku, produsen set-top box yang amat populer di Amerika Serikat, akhirnya keluar dari zona nyamannya dan memulai debutnya di segmen audio. Perusahaan yang namanya berarti “enam” dalam bahasa Jepang tersebut memperkenalkan Roku TV Wireless Speakers, sepasang speaker nirkabel yang dirancang secara spesifik untuk mendampingi Roku TV (smart TV yang ditenagai Roku OS).

Desainnya mengingatkan saya pada Sonos One, namun yang membedakan, speaker ini tak dilengkapi mic untuk menangkap perintah suara pengguna. Merilis speaker yang tak bisa merespon perintah suara di tahun 2018 memang terkesan aneh, tapi jangan terburu heran.

Roku TV Wireless Speakers

Paket penjualan speaker ini mencakup dua buah remote sekaligus. Yang pertama bentuknya mirip remote TV standar, sedangkan yang kedua berbentuk pipih dengan sejumlah tombol di atasnya. Kedua remote ini sama-sama memiliki tombol mic, dan dari sinilah pengguna bisa mengontrol speaker dengan perintah suara.

Mengapa harus ada dua? Karena remote yang berbentuk pipih itu dimaksudkan untuk ditempatkan di mana saja dalam kediaman pengguna, semisal di dapur, sehingga pengguna bisa memerintahkan speaker untuk memutar playlist musik favorit tanpa harus berjalan ke depan TV terlebih dulu.

Perintah suara yang bisa diberikan pun hanya sebatas untuk mengakses konten, bukan untuk menanyakan informasi-informasi generik seperti kasusnya pada smart speaker. Roku percaya bahwa model seperti ini dapat membuat konsumen merasa lebih nyaman, terutama bagi mereka yang mementingkan faktor privasi di atas segalanya.

Roku TV Wireless Speakers

Selebihnya, speaker ini siap menyemburkan audio dari konten apapun yang sedang diputar di Roku TV. Optimasi audio berbasis software turut tersedia, di mana speaker bakal menurunkan volume secara otomatis pada adegan yang meledak-meledak maupun selingan iklan yang berisik, dan sebaliknya meningkatkan volume pada adegan-adegan sepi maupun yang berdialog.

Masing-masing unitnya dibekali satu woofer 3,5 inci dan satu tweeter 0,75 inci, dan mengingat ia selalu datang dalam formasi sepasang, sudah pasti konfigurasi suara yang dihasilkannya adalah stereo.

Secara keseluruhan, Roku TV Wireless Speakers merupakan alternatif yang sangat menarik bagi konsumen yang sudah memiliki Roku TV, macam buatan TCL misalnya. Mereka bisa mendongkrak kinerja audio TV-nya tanpa harus melihat kabel ekstra yang berseliweran, dan juga biaya yang harus dikeluarkan tidak semahal membeli soundbar.

Lebih tepatnya, konsumen hanya perlu menebus $200 untuk sepasang speaker ini beserta kedua remote-nya itu tadi. Sayang sekali ia tidak kompatibel dengan set-top box Roku.

Sumber: Ars Technica.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter