Categories

Gadget

Roland Go:Mixer Pro Adalah Perangkat Wajib bagi Para Musisi YouTube

Kecil tapi sangat fleksibel, siap dipakai ke mana saja Anda membawa instrumen musik

Glenn Kaonang - 20 July 2018

Dewasa ini, Anda tidak perlu mampir ke studio untuk bisa berkarya di bidang musik dengan kualitas di atas level amatir. Asalkan Anda punya alat bantu yang tepat, modal smartphone dan instrumen saja (plus mic jika perlu vokal) sudah sangat mencukupi.

Salah satu contoh alat bantu yang saya maksud adalah perangkat bernama Go:Mixer Pro persembahan Roland berikut ini. Secara mendasar, ia merupakan sebuah audio mixer berwujud ringkas yang bisa dipakai untuk merekam beberapa instrumen musik sekaligus, sekaligus suksesor dari perangkat bernama Roland Go:Mixer yang dirilis tahun lalu.

Premisnya masih sama: sambungkan alat musik ke perangkat, lalu sambungkan perangkat ke iPhone, dan mulailah bermain sembari merekam hasilnya. Yang berbeda, Go:Mixer Pro sanggup mengakomodasi hingga 9 input suara sekaligus (pendahulunya cuma 5, dan kini semuanya bisa dimonitor menggunakan headphone), dan ia sekarang juga berfungsi sebagai stand untuk ponsel.

Jadi selain merekam audio, pengguna juga dapat merekam aksinya dalam bentuk video, atau malah menyiarkannya langsung ke media sosial jika perlu. Juga berbeda dibanding pendahulunya, Go:Mixer Pro bisa mengandalkan 4 baterai AA sebagai sumber tenaganya, yang berarti ponsel Anda bisa merekam lebih lama.

Untuk urusan video, Roland pun telah menyiapkan dua aplikasi ponsel yang berbeda. Yang pertama adalah 4XCamera, berguna untuk menghasilkan video musik dengan tampilan split-screen 2 x 2 (satu untuk masing-masing instrumen atau personil). Yang kedua adalah Virtual Stage Camera, berguna untuk mengganti latar dengan mudah (macam merekam di depan green screen), tapi sayang hanya tersedia di iOS saja.

Di atas kertas, Roland Go:Mixer Pro merupakan produk yang sangat menarik bagi para musisi YouTube atau malah podcaster. Harganya memang tidak murah, $170 (Go:Mixer orisinil dihargai $100), tapi masih tergolong wajar jika mempertimbangkan segala fitur dan fleksibilitasnya.

Sumber: Engadget dan CDM.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter