StartupGadget

Roli Blocks Merupakan Studio Musik Modular untuk Kaum Amatir Sekaligus Profesional

Dipadukan dengan aplikasi iOS, kapabilitasnya jadi setara synthesizer kelas profesional

Saya suka musik, tapi saya sama sekali tidak bisa memainkan instrumen musik. Aplikasi seperti GarageBand selama ini cukup membantu memudahkan saya, jauh lebih mudah ketimbang memainkan gitar, biola, piano maupun drum asli. Pun demikian, terkadang saya tetap merasa ada yang kurang, yakni kesan tactile dari menyentuh objek fisik.

Teknologi 3D Touch yang diusung iPhone 7 setidaknya bisa menjadi solusi, namun sifatnya hanya sementara karena jari saya tetap berada di atas lapisan kaca yang mulus. Pengalamannya jelas sangat berbeda dari menggunakan drum pad dengan permukaan karet.

Kemudian muncullah produk bernama Roli Blocks. Pengembangnya mendeskripsikan Blocks sebagai studio musik modular, sanggup mengakomodasi pengguna amatir sampai yang benar-benar profesional. Namun bagian terbaiknya, ia bisa digunakan di mana saja tanpa ada kabel yang menjuntai.

Modul Lightpad Block ketika digunakan bersama aplikasi Noise di iPad / Roli

Bersifat modular, Blocks terdiri dari sejumlah komponen. Yang paling utama dijuluki Lightpad Block, berbentuk persegi 94 x 94 mm dengan permukaan karet di bagian atasnya. Di baliknya bernaung ratusan LED yang dapat menyala dalam berbagai warna sebagai indikator jenis suara. Oh ya, selain sensitif terhadap sentuhan, permukaan karetnya juga sensitif terhadap tekanan – seperti 3D Touch, tapi jauh lebih canggih.

Untuk menggunakannya, Anda memerlukan sebuah perangkat iOS dan aplikasi gratis bernama Noise. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 100 jenis suara yang bisa dimainkan menggunakan Lightpad, dan dari aplikasi ini juga Anda akan merekam sejumlah loop sebelum akhirnya membentuk sebuah lagu.

Yang menarik, semua yang bisa dilakukan Blocks sebenarnya bisa Anda lakukan di aplikasi Noise ini tanpa perlu mengeluarkan biaya. Kendati demikian, ketika keduanya disandingkan, Anda akan berhadapan dengan synthesizer kelas profesional, klaim pengembangnya.

Semua modul Roli Blocks menyambung satu sama lain via konektor magnetik / Roli

Modul opsional lain mencakup Live Block dan Loop Block, yang memberikan akses lebih mudah terhadap fitur-fitur seperti merekam, mengganti scale, memainkan chord dan arpeggio, dan masih banyak lagi. Semuanya menyambung ke Lightpad via konektor magnetik, dan Anda pun bisa menambahkan modul Lightpad ekstra jika diperlukan.

Soal harga, Lightpad Block dibanderol $179, sedangkan Live Block dan Loop Block masing-masing dibanderol $79. Namun sekali lagi, Anda sebenarnya bisa mencobanya terlebih dulu dengan aplikasi Noise sebelum membeli paket lengkap Roli Blocks ini.

Untuk lebih memahami cara kerja dan potensi yang dimiliki Roli Blocks, silakan tonton video penjelasannya di bawah ini.

Sumber: The Verge dan Roli.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again