Categories

Gadget

Rolleiflex Instant Kamera Adalah Reinkarnasi Modern Kamera dari Zaman Perang Dunia

Penampilannya terkesan kuno, tapi kepraktisannya didukung oleh format Fujifilm Instax Mini

Glenn Kaonang - 2 May 2018

Melihat begitu banyaknya smartphone berkamera ganda belakangan ini, sebagian dari kita mungkin lupa kalau sebelum kamera SLR dan DSLR mendominasi industri fotografi, sempat populer juga kamera jenis TLR (twin lens reflex). Salah satu model yang sangat legendaris di kategori ini adalah Rolleiflex, yang diproduksi sejak 1927 sampai di tahun 60-an.

Lalu sekitar dua tahun yang lalu, sebuah pabrikan asal Hong Kong bernama MiNT mencoba menghidupkan kembali Rolleiflex lewat sebuah kamera instan berdesain serupa. Produk tersebut tampaknya menarik perhatian Rollei, hingga akhirnya kedua perusahaan memutuskan untuk berkolaborasi dan melahirkan evolusinya, Rolleiflex Instant Kamera.

Desainnya sengaja dibuat sangat mirip seperti Rolleiflex orisinil, hanya saja dimensinya telah disusutkan sampai cuma menyisakan bobot sekitar 525 gram, dan tentu saja secara keseluruhan tampak lebih modern. Sepasang lensanya tentu bakal menjadi pusat perhatian, dan ini bisa dimanfaatkan untuk memotret dengan pilihan aperture f/5.6 - f/22, serta jarak fokus minimum 48 cm.

Bagian atasnya yang bisa dibuka merupakan rumah dari viewfinder. Lapisan anti-glare membantu pengguna mengatur komposisi dan melihat live view secara lebih jelas tanpa harus mendekatkan viewfinder ke mata. Andai sedang mengatur fokus secara manual, perangkat dilengkapi kaca pembesar terintegrasi untuk membantu mengamati bagian-bagian detailnya.

Built-in flash, kontrol exposure compensation dan sejumlah fitur modern lainnya turut tersedia dalam bodi berpenampilan kuno ini. Suplai energinya berasal dari tiga baterai AA, dan filmnya sendiri menggunakan format Instax Mini besutan Fujifilm yang sangat populer.

Hasil foto Rolleiflex Instant Kamera / Rollei

Setiap selesai menjepret, pengguna hanya perlu menekan tombol film eject di samping kiri bodi, maka hasil fotonya akan langsung keluar dari area viewfinder. Singkat cerita, menggunakan kamera ini ibarat memakai seri Fujifilm Instax Mini, hanya saja dengan tampilan dan cara mengoperasikan yang lebih analog.

Bagi yang tertarik atau yang ingin membelikan kado unik bagi orang tuanya, Rolleiflex Instant Kamera sudah bisa dipesan melalui Kickstarter dengan harga paling murah HK$ 3.399, atau kurang lebih sekitar Rp 6,05 juta.

Sumber: PetaPixel.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter