1. Startup

Roocare Siap Bantu Ibu Optimalkan Pertumbuhan Anak

Menghadirkan fitur monitoring untuk anak usia di bawah 6 tahun

Di Indonesia startup di sektor kesehatan mulai banyak sejak dua tahun terakhir. Beragam konsep yang ditawarkan. Meski popularitasnya belum menyamai sektor lain seperti on demand transportasi atau e-commerce. Perlahan tapi pasti sektor ini terus memunculkan ide-ide baru. Menyempurnakan yang sudah ada atau hadir dengan kolam-kolam yang lebih spesifik. Salah satu yang turut meramaikannya adalah Roocare. Startup yang dikembangkan oleh sekelompok dokter ini membawa konsep aplikasi untuk pemantauan kesehatan anak di bawah usia 6 tahun. Dengan target pengguna ibu-ibu di usia muda aplikasi ini diharapkan mampu memaksimalkan tumbuh kembang otak anak.

Aplikasi Roocare seperti banyak aplikasi kesehatan yang sudah ada menghadirkan kesempatan bagi para penggunanya untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan yang kredibel dan akurat karena informasi dan konten didapat dari dokter spesialis anak dan terkurasi di dalam aplikasi Roocare.

Selain informasi mengenai tumbuh kembang anak usia di bawah lima tahun aplikasi Roocare juga menyematkan fitur pemantauan tua deteksi dini masalah perkembangan otak anak. Dengan fitur ini diharapkan orang tua bisa lebih memperhatikan perkembangan anak-anak mereka.

“Sistem kami mengadaptasikan salah satu metodologi yang terbaik, yang dipakai oleh dokter spesialis anak di Indonesia maupun luar negeri. Aplikasi kami menjadi satu-satunya di Indonesia dengan fitur ini. Sistem ini akan menganalisis data yang dimasukkan orang tua (tanggal lahir anak, jenis kelamin, cukup bulan/prematur saat lahir) dan data dari testing page kami di mana orang tua akan dihadapkan dengan pertanyaan dan juga tantangan/permainan untuk anak,” ungkap salah satu anggota tim pengembang Roocare Bagas Marsudi.

Bagas melanjutkan dari data-data yang didapatkan sistem Roocare akan membuat sebuah report card yang di dalamnya mengandung beberapa aspek, seperti interpretasi medis, aspek perkembangan yang baik, aspek perkembangan yang mengalami keterlambatan, dan rekomendasi untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Sistem pakar yang digunakan oleh Roocare disebut telah mengandung unsur kecerdasan buatan yang bisa membuatnya dinamis sesuai dengan preferensi orang tua, dan juga kondisi spesifik masing-masing anak.

Saat ini, menurut Bagas, untuk terus memperkuat basis pengguna, Roocare pihaknya masih terus mengupayakan promosi melalui banyak cara. Mulai dari mengadakan tanya jawab interaktif melalui media sosial seperti Facebook sampai dengan melakukan pendekatan konvensional dengan hadir dan bertatap muka dengan komunitas-komunitas.

“[Saat ini] merangkul dan membantu sebanyak mungkin orang tua muda untuk menggunakan aplikasi roocare maupun berinteraksi pada media sosial. Kami juga ingin terus berinovasi, mengembangkan fitur – fitur lain sehingga kami ingin merekrut tenaga IT yang lebih banyak untuk bergabung dalam tim,” tutup Bagas.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again