Categories

Mobile

Rooms, Aplikasi Forum Anyar Milik Facebook

Bambang Winarso - 24 October 2014

Facebook baru-baru ini kembali menambah koleksi aplikasi dengan merilis sebuah aplikasi forum yang diberi nama Rooms.

Berbeda dengan 'aliran' jejaring sosial yang selama ini menjadi wilayah nyaman mereka, Rooms lebih ke portal forum, aplikasi ini juga disiapkan menjadi platform forum oleh Facebook. Di aplikasi ini nantinya pengguna dapat membuat forum sendiri dan berdiskusi dengan pengguna lain yang ada.

Pembuatan forum dengan topik bebas merupakan konsep utama aplikasi Rooms ini, untuk itu Facebook telah menyematkan berbagai fitur pendukung, misalnya pemilihan nama yang bebas sesuka hati bahkan termasuk nama profil, modifikasi tampilan forum mulai gambar latar, warna dan juga judul forum, serta fitur moderasi layaknya portal forum konvensional juga disediakan guna menguatkan kesan forum di aplikasi ini.

Rooms mendukung berbagai macam konten mulai teks, foto hingga video. Pemilik forum dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung dan mendiskusikan hal-hal menarik, kolom komentar telah disiapkan untuk mengakomodasi percakapan antar anggota forum.

 

 

Info Menarik: Tak Ada Lagi Root di Era Android 5.0 Lollipop?

 

 

Room merupakan aplikasi yang tak hanya berbeda dengan Facebook tetapi juga berdiri sendiri. Artinya, pengguna yang ingin mencicipi fitur-fiturnya tidak harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu, bahkan tidak membutuhkan alamat email. Melainkan menggunakan undangan yang kirim dalam bentuk kode QR.

Setiap forum akan memperoleh kode QR yang berbeda sehingga pengguna yang mendapatkan undangan hanya orang-orang yang dianggap memiliki ketertarikan yang sama.

Pembuat forum juga bertindak selaku moderator sehingga dapat mendepak anggotanya yang melanggar aturan atau membuat keributan. Bahkan bila sebuah komentar di dalam forum kemudian ditandai sebagai bully, pelecehan, vulgar atau mengancam, Facebook dapat menghapus komentar atau post tersebut secara sepihak atau bahkan menghapus seluruh forum jika dirasa perlu.

Sosok yang ada di balik inisiatif peluncuran Rooms adalah Josh Miller, sobat Trenogoers ada yang tahu? Josh Miller tak lain adalah mantan co-founder Branch yang dibeli oleh Facebook di awal tahun 2014.

 

 

Info Menarik: Mark Zuckerberg Ternyata Fasih Berbahasa Mandarin

 

 

Miller mendeskripsikan Rooms sebagai forum yang lebih fleksibel dan bisa memicu kreativitas. Meski beberapa unsur yang ada mirip dengan layanan Secret tapi Rooms cukup berbeda. Aplikasi ini bisa digunakan layaknya Secret dimana orang dapat berbagi tanpa menggunakan nama asli mereka, namun Rooms ini juga bisa jadi tempat kumpulnya komunitas dan organisasi dengan identitas asli, misalnya membahas tentang politik, olahraga, teknologi dan bahkan yang termasuk topik seni dan puisi.

Aplikasi ini masih seumur jagung, tak heran bila Facebook terlihat hati-hati dengan meluncurkan Rooms hanya di iOS untuk wilayah Amerika dan Inggris. Namun beberapa negara berbahasa Inggris lain juga sudah masuk dalam kalender rilis mereka, termasuk peluncuran versi Android yang direncanakan akan hadir di tahun 2015.

Sumber berita TheNextWeb dan gambar header Rooms.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter