1 November 2018

by Bambang Winarso

Smartphone Layar Tekuk Pertama Resmi Diperkenalkan, Bukan Buatan Samsung ataupun LG

Royole FlexPai ditawarkan dengan harga terendah Rp 19 juta-an

Ponsel dengan layar tekuk sejak beberapa tahun terakhir disebut bakal menjadi terobosan paling besar berikutnya setelah sensor sidik jari di layar. Tahun ini kita melihat visi itu semakin mendekati kenyataan. Samsung, LG, dan Huawei adalah tiga dari sedikit merek yang berencana meluncurkan ponsel tekuk tersebut, salah satunya kemungkinan besar akan tampil di ajang CES 2019 pada bulan Januari mendatang.

Tetapi, sebuah perusahaan Tiongkok yang sama sekali tak dikenal bernama Royole Corporation baru saja menjegal perusahaan raksasa itu dengan meluncurkan yang disebut dengan ponsel tekuk pertama di dunia, FlexPai.

Tak sebatas menjadi yang pertama, FlexPai juga menjadi smartphone pertama yang ditenagai chipset yang bahkan belum diresmikan, Snapdragon 8150 atau bernama lain Snapdragon 855.

Spesifikasinya tak kalah mentereng dibandingkan terobosan teknologi yang dibawa. FlexPai mengemas layar definisi tinggi 7,8 inci dan dikatakan memiliki ketebalan hanya 7.6mm. Sayang panel layar yang digunakan belum dapat dipastikan apakah menggunakan LCD atau Amoled, demikian pula dengan angka resolusinya.

Ada tiga konfigurasi yang ditawarkan oleh Royole Corporation, antara lain varian 6GB + 128GB, 8GB + 256GB, dan 8GB + 512GB. Perangkat ini juga memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi lensa wide-angle 16MP dan lensa telephoto 20MP.

FlexPai menjalankan sistem operasi berbasis Android 9.0 Pie yang kemudian dimodifikasi dengan costum UI bernama Water OS 1.0. Kehadiran sistem operasi ini terasa cocok sebab beberapa fitur seperti layar multi-tasking dan split hanya didukung oleh Android 9.0 Pie.

Perangkat yang juga bisa disebut sebagai tablet ini memiliki dukungan 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac dual-band, Bluetooth 5.1, sensor sidik jari, dan USB- Port C yang berfungsi sebagai port untuk semuanya mulai dari pengisian hingga menghubungkan ke headphone.

Ukuran baterai FlexPai cukup mengejutkan karena hanya 3800 mAh, jauh dari ekspektasi saya, tetapi untuk memberikan ketersediaan daya yang cepat, perusahaan membenamkan Ro-Charge yang dapat mengisi daya perangkat dari 0 hingga 80% dalam 1 jam.

Mengenai harga, FlexPai bukan perangkat mobile yang murah. Versi terendahnya saja, dengan RAM 6GB dijual seharga $1290, dan varian termahal ditawarkan seharga $1864 atau hampir Rp28 juta.

Sumber berita Royole.