Categories

Event

Rserve.me, Satu-satunya Startup Indonesia di Seedcamp Singapore

Wiku Baskoro - 30 September 2010

Ingat Rserve.me? Sebuah platform dengan fungsi utama yaitu reservasi, yang dikembangkan Yohan dari ThinkRoom ini ternyata menyimpan berita gembira, yang menurut saya layak untuk dibagikan pada pembaca setia DailySocial.

Sebagai salah satu startup lokal yang cukup menjanjikan, kebetulan saya melihatnya presentasinya pertama kali di Bandung Ventures Night beberapa waktu yang lalu, saya juga beberapa kali melihat perkembangan prototype dari layanan Rserve.me ini dan melihat banyak peluang yang bisa diraih jika aplikasi mereka telah rilis untuk publik.

Dan, hari ini saya mendapat DM dari Yohan yang memberitahukan bahwa pengumuman peserta untuk Seedcamp Singapore telah bisa dilihat di blog mereka, dan Rserve.me masuk sebagai satu-satunya startup asal Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Seedcamp Singapore. (Saya mencantumkan daftar peserta yang saya ambil dari blog resmi Seedcamp dibagian bawah tulisan ini, atau Anda bisa melihatnya ada tautan ini).

Rserve.me bersama dengan startup Asia lainnya, yang berasal dari Singapura, China, India, Thailand dan Filipina akan berada di Singapura pada tanggal 5 Oktober minggu depan, lebih tepatnya di Singapore Management University untuk mendapatkan mentoring, dikusi, serta berjejaring dengan investor lokal dan juga internasional, pengusaha serta para ahli di bidang startup, antara lain Aarti Gumaledar Yahoo, Daniel Heaf BBC, Jeffrey Paine - Battle Ventures, Navtej Singh - Tagit mobile, Taavet Hinrikus - former Skype, Sae Min Anh - Google, Stefan Glaenzer - White Bear Yard.

Seedcamp yang merupakan sebuah program seed funding serta acara pitch untuk para startup asal Eropa ini, baru pertama kali mengadakan seedcamp event di Asia dan ternyata ada startup lokal kita yang masuk.

Well, ternyata tulisan saya tentang pengumuman Seedcamp Singapore beberapa waktu lalu membuahkan hasil, saya tidak tahu apakah ada startup lokal lain yang ikut mendaftar di Seedcamp Singapore ini, kalau ada, Anda bisa memberitahu kami pada kolom komentar. Yohan dari Rserve.me mengatakan pada saya bahwa ia melihat tulisan saya di DailySocial tersebut lalu mencoba mendaftarkan diri, dan ternyata dia masuk!

Selain itu saya menjadi salah satu orang dan beberapa teman Yohan yang diberikan kesempatan untuk tahu dan ikut melihat perkembangan Rserve.me sejak dari embrio sampai sekarang telah masuk dalam tahap prototype. Kami, bersama teman-teman, yang sebagian besar para wirausaha, pengembang serta coder, dan rata-rata aktif juga di FOWAB, sering berdikusi tentang berbagai proyek yang sedang dikembangkan, termasuk juga Rserve.me.

Jadi, berita ini sangat menggembirakan bagi saya sendiri, dan terutama bagi startup lokal secara luas, sepertinya akhir tahun ini akan menjadi tahun penghargaan internasional/Asia bagi startup lokal, khususnya untuk aplikasi berbasis web, masih ingat Gantibaju yang menjadi salah satu dari 10 aplikasi terbaik Asia, lalu Tuitwit yang dinominasikan masuk level final Read Herring Asia, dan untuk penghargaan lokal, kita masih punya SparxUp Awards bulan November nanti (pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 15 Oktober 2010), yang dipastikan akan mendapat liputan dari media dan blog teknologi baik lokal maupun internasional.

Kita lihat perkembangan selanjutnya dari Seedcamp Singapore, terutama untuk Rserve.me, semoga mereka bisa memberikan usaha yang terbaik, yang secara tidak langsung juga akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan startup lokal dan memberikan informasi pada para investor serta pemerhati startup international, bahwa Indonesia menyimpan nilai yang sangat besar dalam perkembangan startup.

Ikuti terus DailySocial untuk kabar dari Seedcamp Singapore, mudah-mudahan Yohan bisa mengabarkan tentang acara mereka disana, berikut daftar lengkap 20 startup yang terpilih untuk mengikuti acara Seedcamp Singapore.

Daftar peserta Seedcamp Singapore:

  • 2359 Media Pte Ltd - Singapore - Creation of rich interactive mobile ads
  • Bitdin - Bangkok, Thailand - Gaming experiences for the classroom
  • CellKast Solutions - Kuala Lumpur Malaysia - Location based gaming
  • Cmune - Beijing, China - 3d multiplayer social games
  • DealStreams - Singapore - Disseminating location based deals and promotions
  • Exponencia (Munchpunch) - Manila, Philippines - Social dining guide and sharing engine
  • Eyes and Feet - Chennai, India - Enabling local businesses to analyze social network and LBS data
  • Fire One One - Bangkok, Thailand - Ipad Apps as digital sales kits
  • FlickEvents - Singapore - Event management and community engagement platform
  • Gameplan - Singapore - Tool for organising and managing sports leagues and cups
  • Investopresto - Singapore - Social investment management tools
  • Joukuu - Singapore - A desktop solution to manage files across cloud backup services
  • Like Squad - Singapore - Location based network to share places and products
  • Listen2customers.com - Singapore - advanced online customer feedback surveys
  • Locationize - Singapore - Enriching web pages with LDS data
  • MoVend - Singapore - In-app commerce platform
  • Noise Street - Singapore - Community based out of home interactive marketing
  • OneAirport - Singapore - Location based deal syndication for airport shopping
  • Rserve - Bandung, Indonesia - A plug and play real time reservation system
  • Whistler Wall Ride Corp - Manila, Philippines - Cloud based private video hosting

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter