Berita

Ruangguru Rilis “English Academy”, Ramaikan Persaingan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Kelas pertama akan dimulai pada 1 Februari mendatang

Startup edtech Ruangguru mengumumkan peluncuran produk English Academy, kelas online live teaching bahasa Inggris dengan kurikulum berstandar internasional. Kelas ini diajar oleh pengajar internasional (native speakers) dan lokal berpengalaman, kelas perdana akan dimulai pada 1 Februari 2021.

Dalam keterangan resmi, VP of Product, Business & Operations Ritchie Goenawan mengungkapkan, English Academy adalah solusi untuk para siswa kelas SD hingga SMA untuk tetap belajar bahasa Inggris di tengah berbagai kesibukan.

Menurutnya, bahasa Inggris kini tidak lagi dianggap sebagai nilai tambah, tapi juga keharusan karena di era globalisasi ini, dunia sudah lintas batas dan hidup berdampingan dengan rekan-rekan internasional.

More Coverage:

Startup Edtech MySkill Umumkan Pendanaan Awal dari East Ventures

“Kelas online ini menyajikan materi berkualitas, pengajar berpengalaman, metode penyampaian interaktif, jadwal yang fleksibel, dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kursus bahasa Inggris konvensional,” terang dia, Rabu (13/1).

Dalam kelas ini, lanjutnya, para siswa akan dibekali dengan kemampuan-kemampuan esensial dan kompetensi yang relevan, meliputi listening, reading, writing, dan speaking. Terdapat fitur menarik yang dapat dimanfaatkan di dalam situs, seperti buku digital, rekaman video pembelajaran yang dapat diakses, dan placementtest untuk menyesuaikan materi yang diajarkan berdasarkan level kemampuan.

Di samping itu, setiap kelas terdapat dua pengajar, terdiri atas pengajar internasional dan lokal. Guru akan membimbing para siswa dengan metode pendekatan komunikatif, sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan.

More Coverage:

ToMu Kembangkan Platform Marketplace Pelatihan dan Pengembangan Talenta untuk Perusahaan

“English Academy menawarkan jadwal kursus online sebanyak empat kali setiap minggu. Dengan jadwal fleksibel ini, para siswa dapat menyesuaikan kehadiran di tengah kesibukan.”

Terlebih itu, English Academy telah terintegrasi dengan super app Ruangguru untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa. Biaya untuk program ini selama setahun adalah Rp1,5 juta untuk paket tiga bulan dan Rp5 juta untuk paket 1 tahun.

Diklaim biaya ini lebih hemat hingga 50% dibandingkan biaya kursus bahasa Inggris konvensional. Pada awal peluncuran ini, Ruangguru memberikan diskon yang berlaku untuk jangka waktu terbatas.

Sebelum Ruangguru yang secara spesifik menyasar kelas bahasa, pemain edtech lainnya sudah masuk lebih dulu. Di antaranya ada Bahaso dan Cakap. Pemain kursus bahasa Inggris, seperti English First (EF) dan British Council juga sudah masuk ke ranah digital. LingoAce, edtech yang fokus di bahasa mandarin, juga disebutkan tertarik untuk perluas produknya ke kelas online Bahasa Inggris.

More Coverage:

Binar Academy Dikabarkan Peroleh Pendanaan Pra-Seri A 51 Miliar Rupiah

Menurut laporan Lembaga Pendidikan Internasional Education First (EF) merilis laporan tingkat kemahiran bahasa Inggris orang dewasa (18-40 tahun). Di Indonesia, mendapat peringkat ke-74 dari 100 negara pada 2020. Peringkat ini memperlihatkan kemampuan bahasa Inggris di Indonesia masih sangat rendah, sehingga menjadi celah peluang bagi para pemain edtech.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter