Categories

Interview

Rukamen Beri Penjelasan Perihal Tuduhan Pengambilan Konten Tanpa Izin (UPDATED)

Merasa tidak ada syarat dan ketentuan yang dilanggar

Prayogo Ryza - 3 October 2015

Kami sempat memberitakan tentang layanan listing apartemen Rukamendiindikasikan mengambil konten tanpa izin dari situs  sewa-apartemen dan jual-apartemen yang dikelola oleh orang yang sama. Pihak Rukemen merasa tidak melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan karena tidak ada term & condition yang mereka langgar. Rukamen juga berkomitmen akan mengambil langkah-langkah konkret seperti meminta izin kepada post owner dalam upayanya menjadi salah satu penyedia listing apartemen nomor satu di Indonesia.

Kepada Dailysocial, Business Development Director Rukamen Pauliady Widjaja (Paul) kembali menjelaskan bahwa Rukamen memang memiliki beberapa metode untuk mengumpulkan konten, baik itu secara offline maupun online. Mereka juga mengklaim telah melakukan sesuai prosedur dengan mematuhi semua term & condition yang ada.

“Langkah yang kita ambil untuk memakai posting dari sumber lain adalah, sebelum memulai upload info dari sumber lain, kami mempelajarinya terlebih dahulu. Apakah ini dilarang oleh web itu. Apakah mereka copyright infonya. Apakah mereka klaim ownership stars infonya. Haruskah kita meng-quote mereka sebagai source dan seterusnya,” terang Paul.

Mengenai dugaan pengambilan konten tanpa izin, Rukamen sendiri merasa tidak ada yang salah atau yang dilanggar, pasalnya menurut Paul, saat ini situs sewa-apartemen tidak memiliki term and conditionapapun dan tidak ada larangan untuk pihak manapun juga menggunakan informasi yang ada di situs mereka.

Selain itu Paul juga menjelaskan bahwa konten-konten yang ada di Rukamen juga didapat dari permintaan pengguna secara mandiri ke pihak Rukamen. Jadi Rukamen merasa dirugikan dengan tuduhan tersebut.

“Untuk menghindari kejadian seperti ini di kemudian hari, kami akan meminta izin langsung ke post owner-nya untuk menyatakan iklan mereka akan tampil di Rukamen dan kami akan make sure untuk mencantumkan sumber,” lanjut Paul.

“Tujuan kami adalah untuk mempermudah user mencari tempat tinggal. Kami mau melakukan itu tanpa bermaksud buruk atau menyinggung pihak manapun juga,” tutupnya.

Update : Menambahkan jual-apartemen sebagai situs yang juga diindikasikan diambil kontennya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter