Categories

Interview

Kantongi 300 Ribu Listing, Rumah123 Gencar Berinovasi di Ranah Mobile

Hesti Pratiwi - 18 November 2014

 

Startup online listing property milik iProperty Group, Rumah123, baru-baru ini mengklaim telah memiliki lebih dari 300.000 listing properti dengan setiap bulannya mencatat lebih dari 1000 properti yang terjual setiap minggu. Angka itu konon menempatkan Rumah123 sebagai pemecah rekor dalam penjualan online listing property di Indonesia. Di tengah pertumbuhannya yang signifikan, pihak Rumah123 mengungkap pula bahwa revenue perusahaan kini juga tengah meningkat secara positif.

Seperti yang dikatakan oleh Raetedy Refanatha selaku Head of Marketing Development Rumah123, sejak awal tahun hingga Oktober 2014 kemarin, performa bisnis Rumah123 mengarah pada pemasukan yang meningkat hingga 24%. Peningkatan ini akhirnya memicu perkembangan lainnya yang disiapkan dalam waktu dekat, seperti pada fokus Rumah123 yang tengah menyiapkan produk aplikasi mobile khusus untuk agen properti.

“Kami sudah mempunyai mobile app untuk pengguna agar mereka mudah untuk mencari properti yang diinginkan. Saat ini kami akan fokus untuk mobile app khusus developer, agen properti agar mereka mudah untuk upload foto dan posting properti melalui ponselnya, ”ujar Raetedy, saat dihubungi DailySocial via telepon.

Ia menjelaskan bahwa selama ini agen properti yang terdaftar di Rumah123, biasanya posting melalui desktop atau laptop mereka. Untuk itu akan disediakan aplikasi yang memungkinkan para developer dan agen bisa posting properti langsung di lokasi. “Tinggal foto, kemudian posting,” jelas Raetedy.

Sedangkan dari sisi pengguna, Raetedy juga mengatakan bahwa akan ada pembaruan untuk aplikasi mobile Rumah123 yang telah tersedia sebelumnya. Meski ia tidak merinci fitur dan fungsi baru apa yang akan ditambahkan, namun ia menegaskan bahwa inovasinya kali ini akan difokuskan kepada user experience yang bakal lebih ditingkatkan. Data yang tercatat di Rumah123, untuk pengunjung dari ranah mobile faktanya telah menyumbang traffic sebanyak 45-48%. Berarti hampir setengah pengunjung Rumah123 berasal dari ponsel.

Pada Januari 2014 lalu Rumah123 telah merekrut Mario Gaw, sebagai General Manager Rumah123, dan mengeluarkan pengumuman bahwa di bulan Oktober terdapat 19% pertumbuhan untuk jumlah agen yang terdaftar dan menghasilkan kenaikan listing sebesar 29%. Sejak situs ini diakuisisi oleh iProperty Group pada tahun 2011, Rumah123 telah menaikkan traffic di segala pengukuran, unique visitors, listing dan agen properti secara berlipat ganda.

Pencapaian utama yang diraih oleh Rumah123 adalah dari sisi pertumbuhan yang signifikan pada jumlah unique visitor. Dibandingkan dengan awal tahun,unique visitor yang dimilikinya kini sebesar 73% dari seluruh total kunjungan, sedangkan sebesar 48% merupakan visitor secara umum, dan 25% pertumbuhan pada page impression-nya.

Gaw mengatakan dalam rilis,pertumbuhan Rumah123 yang pesat dipicu dari kinerja yang baik dari tim marketing internal. Strategi pemasaran yang dipasangnya, diklaim sebagai gabungan dari strategi marketing offline dan online. “Selain digital spend melalui Facebook ads dsb. Rumah123 juga pasang iklan di Busway, Billboard, Kopaja AC. Sebab kami ingin membawa Rumah123 menjadi brand yang kuat,” papar Raetedy.

Temuan lain dari data yang dikumpulkan Rumah123 adalah kenaikan 19% total agen properti yang membeli keanggotaan. “Kami juga sering mengadakan event pelengkap seperti agen gathering bersama pihak bank, sebagai event pelengkap expo tahunan yang besar," jelasnya. Raetedy pun menambahkan, selain inovasi yang berkelanjutan, kegiatan seperti event dan expo akan terus digiatkan demi terus mempertahankan posisi sebagai salah satu pemimpin pasar.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter