19 September 2014

by Bambang Winarso

[Rumor] Android L Mendarat di Samsung Galaxy S5 dan Note 4 November Mendatang

Setelah dipamerkan dalam event Google I/O akhir Juni lalu, Android L masih belum memperoleh nama resmi. Sistem operasi penerus Android KitKat ini disebut-sebut membawa desain yang inovatif dan membawa beberapa fitur-fitur penting.

Perangkat dari Samsung kabarnya menjadi salah satu yang beruntung sebab akan mendapatkan update Android L di bulan November, paling lambat Desember 2014.

Menurut Sammobile, ada dua perangkat Samsung yang beruntung memperoleh update Android L pada akhir tahun ini yaitu Samsung Galaxy S5 dan Galaxy Note 4.

Disebut-sebut membawa desain yang mutakhir dan sederet fitur-fitur baru yang inovatif, Android L lantas menjadi update-an yang paling ditunggu oleh jutaan orang.

Seperti yang pernah TRL ulas sebelumnya, Android L memawa perubahan desain paling radikal sejak generasi Android Honeycomb. Google mengusung nama Material Design dan merangkul semua aspek dari mulai Android hingga web.

Material Design ini meliputi banyak aspek terutama di sisi user interface dan juga respon saat pengguna mengaksesnya seperti animasi yang benar-benar baru, efek bayangan dan Z-depth.

 

 

Info Menarik: BlackBerry Porsche Design P’9983 Telah Resmi Dirilis

 

 

Google menambahkan setidaknya 5000 API ke dalam Android L, kecepatan animasi yang stabil di 60fps dan desain interface yang lebih bersih dan berwarna, desain frame melingkar dan font yang lebih kecil membuat elemen user interface di berbagai aspek kian menyatu dan nyaman dipandang.

Android L mempunyai dasar rancangan notifikasi yang berbeda dengan versi sebelumnya. Di Android L bentuk notifikasi berbentuk display card yang dapat dilihat di lockscreen, lebih informatif dan juga memudahkan akses setiap aplikasi karena pengguna dapat men-swipe untuk melihat notifikasi lainnya.

Peluncuran update Android L ke perangkat Samsung di bulan November atau Desember nanti memang terbilang lamban dari yang diharapkan. Tak heran, semua orang memang ingin sesuatu yang baru dihadirkan secepatnya.

Namun tentu perlu juga kita sadari bahwa keberadaan fitur TouchWiz sedikit banyak membuat pekerjaan Samsung menjadi lebih berat. Karena sebelum rilis Samsung terlebih harus melakukan penyesuaian kembali, mengingat Android L adalah sistem operasi yang berbeda dengan versi terdahulu baik Jelly Bean atau bahkan KitKat.

Terkait kabar ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Google ataupun Samsung. Namun Sammobile punya reputasi yang sangat baik bila bicara bocoran atau rumor yang berhubungan dengan Samsung. Jadi, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Via Phonearena.