10 June 2013

by Iqbal Farabi

Rumor: Bekerjasama dengan Google, Sony Akan Rilis Xperia Z 'Versi Google'

Sony sepertinya akan menambah daftar produsen ponsel pintar yang ikut merilis perangkat flagship dengan varian 'versi Google'. Menyusul Samsung dan HTC yang masing-masing sudah merilis Galaxy S4 dan HTC One 'versi Google', Sony baru-baru ini dirumorkan juga akan merilis perangkat Xperia Z yang akan mengusung sistem operasi Android murni atau yang biasa disebut sebagai stock Android.

Seperti dilansir oleh Unwired View, menurut keterangan dari orang dalam Sony yang tidak ingin disebutkan namanya, Xperia Z Google Edition ini akan dirilis pada bulan Juli. Masih menurut sumber rahasia ini juga, Xperia Z Google Edition juga akan menyusul langkah Galaxy S4 dan HTC One Google Edition yang sejauh ini hanya dijual untuk konsumen di Amerika Serikat saja.

Tentunya dari segi spesifikasi teknis perangkat kerasnya, Xperia Z Google Edition akan memiliki perangkat yang sama persis dengan versi Xperia Z yang asli. Hanya saja, perangkat ini akan berjalan di atas sistem operasi Android versi 4.2.2 tanpa ada kustomisasi tampilan dari Sony. Selain itu, Xperia Z Google Edition, sebagaimana juga Galaxy S4 dan HTC One Google Edition, akan terjamin untuk lebih cepat mendapatkan pembaruan sistem operasi Android yang resmi dari Google.

Meskipun demikian, situs Unwired View memperingatkan bahwa belum ada sumber lain yang menyebut-nyebut mengenai rencana rilis perangkat ini. Namun, mengingat bahwa HTC One Google Edition pun sebelumnya bermula dari sebatas rumor, saya rasa ada peluang yang cukup besar rumor Xperia Z Google Edition ini juga terealisasi nantinya.

 

Sumber: Unwired View.