24 July 2013

by Iqbal Farabi

[Rumor] Bocoran Beberapa Fitur Perangkat Lunak Moto X

Menjelang tanggal peluncurannya pada 1 Agustus nanti, bocoran mengenai perangkat lunak terbaru dari Motorola, Moto X, semakin santer beredar. Jika pada beberapa bocoran sebelumnya sudah tampil gambar perangkat Moto X, kali ini beredar bocoran mengenai fitur-fitur perangkat lunak Moto X.

Fitur pertama adalah tiga serangkai Active Display, Active Connect dan Motorola Connect. Fitur Active Display merupakan fitur yang memungkinkan untuk layar perangkat Moto X menyala piksel per piksel. Dengan demikian, dalam kondisi-kondisi ponsel tidak sepenuhnya digunakan, hanya piksel-piksel tertentu saja yang menyala.

Misalnya saja, ketika posisi ponsel Anda dalam kondisi terkunci kemudian masuk notifikasi dari layanan media sosial. Dengan kombinasi Active Display dan Active Notification, ketika Anda memeriksa notifikasi di ponsel Moto X yang masih dalam keadaan terkunci, hanya piksel-piksel yang menampilkan gambar notifikasi saja yang menyala. Hal ini disinyalir akan menghemat daya tahan baterai. Sementara dengan Motorola Connect, notifikasi di ponsel Moto X bisa disinkronisasikan agar muncul di layar peramban Chrome pengguna di perangkat lain, misalnya komputer personal pengguna.

Fitur penting lain yang ada pada Moto X adalah fitur untuk mengidentifikasikan lokasi Moto X yang hilang atau dicuri. Fitur semacam ini sebenarnya sudah lama bisa dilakukan dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store, hanya saja kali ini Google rupanya mengintegrasikan fitur tersebut langsung ke perangkat Moto X.

Selanjutnya, fitur yang tergolong baru adalah fitur aktivasi dengan suara untuk Google Now. Mirip dengan Siri pada iPhone, kini Google Now bisa diaktivasikan dengan menggunakan suara "Okay Google Now". Fitur ini juga mirip dengan fitur aktivasi dengan suara pada Google Glass.

Kira-kira, dengan sekian banyak bocoran yang sudah beredar hingga satu minggu sebelum tanggal peluncuran resmi Moto X, kejutan apa yang bisa diberikan Google pada hari peluncuran nanti ya?

 

Sumber: Android Police.