Dark
Light

Rumor: Google Akan Luncurkan Chromebook dengan Layar Sentuh

1 min read
November 27, 2012

Harian China Times, seperti yang dilansir oleh TechCrunch, melaporkan bahwa Google sedang merencanakan untuk merilis seri laptop Chromebook yang dilengkapi dengan teknologi layar sentuh. Chromebook terbaru ini dikabarkan akan dibuat oleh Compal, sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan.

Proses pengiriman komponen-komponen internal Chromebook ke Compal dikatakan sudah tercatat sejak kuartal ketiga tahun ini. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa seri Chromebook teranyar ini akan tersedia di pasaran pada akhir tahun ini.

Chromebook sendiri merupakan seri produk laptop yang berbasiskan sistem operasi Chrome OS. Chromebook ditujukan bagi pengguna yang sebagian besar aktivitasnya melibatkan aplikasi-aplikasi yang berjalan secara online. Misalnya saja, pada Chromebook, aplikasi perkantoran yang disediakan secara default adalah aplikasi-aplikasi seperti Google Docs dan Google Spreadsheet. Sejak dirilis pada 2009, Google sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan manufaktur perangkat keras yang berbeda, diantaranya Samsung, Acer, dan Asus.

Langkah ini menarik untuk diamati. Pertama karena keberhasilan seri produk Chromebook ini di pasaran tidak sebaik produk perangkat keras Google yang lainnya seperti seri ponsel dan tablet Nexus.

Kedua, rumor juga mengatakan bahwa Google tidak akan menggandeng pihak ketiga seperti Samsung, Acer atau Asus dalam memproduksi Chromebook seri terbaru ini. Saya pikir akan menarik untuk melihat bagaimana reaksi para mitra Google terhadap langkah ini, karena langkah serupa yang diambil oleh Microsoft dalam memproduksi Surface sempat menuai kekecewaan dari mitra produsen perangkat keras berbasiskan Windows 8.

Sumber: China Times dan TechCrunch.

Previous Story

CyberAgent Ventures and East Ventures backs Disdus founders to launch Bilna

Next Story

Nintendo Wii U Terjual Sebanyak 400.000 Unit Pada Hari Peluncurannya

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan