[Rumor] Google Sedang Siapkan Tablet Nexus Baru?

Google Nexus 7 merupakan satu tablet fenomenal yang dirilis di tahun 2012. Perangkat ini murah, dengan build berkualitas premium dan hardware canggih pada masanya.

Berkat Nexus 7 reputasi Asus sebagai produsen tablet juga terdongkrak. Tapi semenjak varian tablet Nexus teranyar diluncurkan pada akhir 2012, kita jarang mendengar berita tentang tablet terbaru garapan Google...

Namun kini terdengar kabar bahwa mereka sedang menyiapkan tablet model terbaru, bisa jadi ia merupakan tipe terbaru Nexus 10 atau model Nexus 8 yang dirumorkan akan mendarat pada kuartal ketiga 2014.

Ada beberapa alasan yang membuat kabar ini meyakinkan, terlepas dari belum ada pengumuman resmi apapun dari sang raksasa penguasa internet dan teknologi dari Kalifornia itu.

 

Info menarik: Fitur Check-in Foursquare Akan Segera Pindah ke App Baru Mereka, Swarm

 

Yang pertama adalah 'bocornya' codename produk tablet tersebut. Biasanya Google menggunakan codename sebagai panggilan internal saat mereka sedang menguji coba atau mengembangkan perangkat baru.

Contohnya saja seperti Nexus 4 yang sebelumnya diusung dengan codename Mako dan Nexus 5 dengan nama panggilan Hammerhead. Keduanya adalah nama yang diambil dari beberapa jenis ikan hiu.

Untuk codename tablet baru yang kabarnya sedang dalam masa pengembangan ini, Google menyebutnya dengan codename Flounder. Setelah melakukan sedikit riset di Wikipedia, Flounder adalah keluarga ikan berbadan pipih - yang mungkin merepresentasikan bentuk sebuah tablet. Lagi pula jika perangkat ini merupakan smartphone baru, kemungkinan besar Google kembali menggunakan codename yang terinspirasi dari jenis hiu.

Hal tersebut diperkuat fakta bahwa Nexus 5 belum lama diluncurkan dan cukup populer di pasar smartphone (berkat menjadi handset pertama yang dibundel langsung bersama dengan Android 4.4 KitKat), belum ada alasan kuat bagi Google untuk memperkenalkan penggantinya.

Codename Flounder muncul dan terdeteksi pertama kali dalam program bug tracker dalam Google Chromium. Kemunculannya seolah-olah bukanlah kebetulan karena mendekati ajang Google I/O akhir Juni nanti, dan beberapa kali Google memanfaatkan acara tersebut untuk mengenalkan handset atau perangkat keras baru.

 

Info menarik: Pendiri McAfee Rilis Chadder, Aplikasi Pesan yang Seaman BBM

 

Bagaimana dengan komponennya? Ada dua produsen yang disebutkan telah berkolaborasi dengan Google dalam penciptaannya, bisa jadi LG, namun tidak menutup kemungkinan bahwa HTC-lah yang mendapatkan kesempatan spesial itu. Rumornya, tablet baru ini akan memiliki layar delapan inci dan ditenagai oleh prosesor Intel 64-bit.

Tentu semua prediksi yang Anda baca di atas bisa jadi tidak tepat, namun ada beberapa kata kunci yang sebaiknya kita ingat: Flounder, prosesor Intel 64-bit dan layar delapan-inci; siapa tahu ada rumor lain yang menguatkan analisa ini. Tapi untuk pastinya, kita harus sabar hingga nanti ajang Google I/O 2014 diselenggarakan.

Sumber: Ubergizmo.com. Sumber gambar header: Crackerpie.com.