26 May 2014

by wiku

[Rumor] Nokia X2 Bisa Dual-Boot dan Akan Miliki Layanan Google Play

Rumor tentang Nokia X2 hadir kembali kali ini cukup menarik karena dikabarkan smartphone penerus Nokia X ini akan bisa melakukan dual-boot serta memperoleh layanan dari Google Play.

Seperti yang dikutip dari Ubergizmo, kabarnya Nokia X2 ini nanti akan bisa menjalankan Windows Phone serta Android, jadi keduanya bisa digunakan secara bersamaan. Meski demikian tidak ada kabar lanjutan bagaimana proses dual-boot ini dilakukan.

Selain itu rumor yang beredar juga menyebutkan bahwa Nokia X2 akan menghadirkan layanan dari Google Play (termasuk Play Store). Rumor yang kedua ini cukup bisa dipertanyakan, seperti yang dikutip dari WMpoweruser, hal ini berlawanan dengan strategi yang dijalankan di Nokia X, dimana layanan Google digantikan dengan layanan dari Micrsoft termasuk toko aplikasi.

Namun demikian, rumor fitur dual-boot dan hadirnya Play Store ini masih sangat rentan hanya isapan jempol belaka. Sumber awal dua informasi ini berdasarkan informasi yang dibagikan dari aplikasi Secret (sebuah aplikasi yang memungkinkan kita membagikan info secara anonim, informasi yang dibagikan bisa salah atau bisa benar). Satu hal yang agak meyakinkan adalah, tweet dari editor MyNokiaBlog dan UnleashThePhones - Michael FaroTusino yang membagikan lewat Twitter informasi dari Secret tersebut.

 

Info menarik: Microsoft Rilis OS ‘Murah’, Windows 8.1 with Bing

 

Nokia X2 sendiri dikabarkan akan menjadi penerus Nokia X, bocoran spesifikasi telah muncul dan TRL pun membahasnya secara singkat. Kabar rumor Nokia X2 ini memang cukup menarik, pertama karena kabar kemungkinan Microsoft akan terus mengembangkan seri smartphone yang menggunakan Android ini setelah Nokia dibeli secara penuh saja sudah menarik. Kita tahu Microsoft telah memiliki OS sendiri yang terus diusahakan untuk menjadi sistem operasi yang populer. Jadi ketika Nokia X diteruskan pengembangannya, tentu Microsoft memiliki strategi tertentu.

Yang kedua tentunya menarik untuk melihat elemen Microsoft apa yang nanti akan disematkan di penerus Nokia X. Di seri awal Nokia X kita melihat toko aplikasi dan beberapa layanan yang dimiliki Google di Android digantikan dengan layanan dari Microsoft (dan dulu Nokia), termasuk toko aplikasi, aplikasi peta sampai penyimpanan awan.

Jika benar Nokia X2 akan jadi penerus Nokia X, apakah benar akan hadir dengan dual-boot - Windows Phone dan Android? Apakah Play Store juga akan benar hadir? Mari kita ikuti terus perkembangannya.