19 May 2014

by Yoga Wisesa

[Rumor] Nvidia Mocha, Tablet Baru Atau Bagian Dari Shield?

Kabar tentang sebuah tablet buatan Nvidia yang mengusung codename 'Mocha' telah beredar dari semenjak tablet mini Tegra Note 7 diperkenalkan ke pasar elektronik akhir 2013 kemarin. Nama Mocha kembali muncul dalam software GFXBench, dan tidak lama kemudian menghilang lagi. Jadi sebenarnya apa itu Nvidia Mocha?

Ada beberapa buah pendapat yang dapat kita simak. Bedasarkan teori paling sederhana, tentu saja bisa jadi Mocha merupakan tablet baru yang sedang digarap Nvidia. Mungkin tablet ini akan dibuat sebagai penerus Tegra Note 7, atau diusung dengan ukuran berbeda.

Lalu kenapa namanya kembali hilang dalam daftar software GFXBench? Seperti produsen normal lainnya, Nvidia tidak mau kabar tentang Mocha bocor sebelum hari pengumuman resminya.

 

Info menarik: Pencipta Flappy Birds, Dong Nguyen, Siapkan Game Baru?

 

Walaupun hanya berupa codename, Ubergizmo cukup terang-terangan dalam menginformasikan spesifikasi lengkapnya. Mocha diperkirakan akan memiliki layar 7,9-inci, ditenagai chipset Nvidia Tegra K1 dengan kecepatan 2,1GHz, dipersenjatai RAM sebesar 1,7GB dan memori internal 13GB. Alternatifnya, terdapat RAM 2GB dengan penyimpanan internal 16GB - karena jumlah sebelumnya terasa cukup ganjil.

Selain itu, Mocha dikatakan berjalan di sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, dengan resolusi layar 2048x1536 (menandingi notebook gaming modern), mendukung OpenGL ES 3.1, dengan kamera belakang 7-megapixel serta kamera depan 4,8-megapixel.

Lalu pendapat lain menyebutkan bahwa terdapat kemungkinan bahwa Mocha adalah pelengkap atau bagian dari set produk Nvidia Shield. Apalagi Nvidia masih terus menyempurnakan teknologi GameStream dimana pengguna dapat menikmati game Android dan juga men-streaming permainan PC dari komputer dekstop dengan chip Kepler langsung ke tablet mereka.

 

Info menarik: HTC One mini 2 Resmi Dirilis

 

Memang cukup banyak alasan bahwa asumsi kedua ini bisa juga benar. Nvidia masih harus memasarkan Shield mereka dengan lebih agresif, berdasarkan hardware yang dimilikinya, kita juga boleh berasumsi bahwa Mocha adalah inkarnasi berbeda dari Shield - tanpa desain a la controller, tanpa tombol dan stick analog.

Dibandingkan perangkat pintar bergerak lain, spesifikasi di atas memang cukup tinggi. Silakan lihat sensor kamera depannya yang mencapai 4,8-MP. Jika memang benar, saya rasa Nvidia bukan hanya sekedar menciptakan kamera untuk video call. Ditambah lagi dengan resolusi yang sangat besar dalam layar delapan-inci. Apakah mereka mencoba membenamkan teknologi atau cara baru untuk interaksi dalam game?

Soal apakah rumor-rumor tentang Mocha di atas benar atau salah, hanya Nvidia yang mengetahuinya. Mereka masih menutup mulut rapat-rapat, dan belum ada kabar soal kapan ia diperkenalkan dan berapa harganya...

Sumber: Ubergizmo.com. Gambar header: Tabletsmagazine.nl.