15 July 2014

by Yoga Wisesa

[Rumor] Nvidia Sedang Garap Device Android Baru untuk Streaming Game PC ke Televisi

Fitur streaming game melalui device berbasis Android besutan Nvidia dimana pengguna bisa memainkan game PC di TV sebenarnya sudah dimiliki oleh Nvidia Shield melalui GameStream. Tapi kabar terbaru menyebutkan bahwa perusahaan asal Santa Clara ini sedang menyiapkan sebuah device anyar yang dari awal memang dirancang untuk fungsi tersebut.

Dengan begitu, Nvidia tampaknya mengikuti langkah yang diambil Valve dengan Steam Machines mereka - sebuah terobosan berani untuk menginvasi lini ruang keluarga yang tadinya didominasi secara eksklusif oleh console. Perangkat baru yang belum diberi nama ini dilaporkan mampu menyajikan game PC ke TV high definition via teknologi GeForce Experience.

Uniknya, device tersebut memiliki beberapa bagian terpisah. Selain menjalankan game-game PC dengan grafis canggih, Nvidia juga akan menyajikan controller khusus yang berjalan di platform Android. Rencananya bagian 'controller' itu akan ditawarkan dengan harga yang murah dan kemampuan untuk menangani berbagai aplikasi Android secara mandiri - baik game maupun software produktif.

 

Info menarik: Mencoba Mendorong Android ke Console dan Industri Otomotif, Nvidia Mengenalkan Dua Prosesor Baru

 

Dilaporkan oleh BBC, gadget tersebut akan ditenagai oleh chip terbaru besutan Nvidia, Tegra K1. Ia memiliki CPU berbasis ARM dan GPU dengan 192-core. Menyebutnya dengan istilah 'super chip', Tegra K1 adalah revolusi terbesar semenjak Nvidia mengenalkan Tegra 4.

Dalam ajang Google I/O, Nvidia memamerkan kemampuan Tegra K1 dengan menjalankan demo Unreal Engine 4.0. Versi stabil dari game engine ini baru saja dirilis pada bulan Juni lalu. Diumumkan secara terbuka pada Consumer Electronics Show 2014 di bulan Januari, hingga kini baru ada sedikit permainan yang ditenagai oleh Unreal Engine 4: game horor Daylight dan permainan casual Tappy Chicken.

Walau memang menjanjikan, ada sebuah masalah yang mungkin membuat perangkat ini kesulitan dalam mengejar visi Steam Machines. Begini, untuk bisa mengakses teknologi GeForce Experience, pengguna membutuhkan kartu grafis buatan Nvidia. Dan tanpa hardware itu, Anda tidak bisa memanfaatkan fungsi streaming.

 

Info menarik: [Rumor] Nvidia Mocha, Tablet Baru Atau Bagian Dari Shield?

 

Bayangkan jika Anda harus membeli GPU baru (yang sampai sekarang belum Nvidia umumkan), ditambah controller berbasis Android, maka ada kemungkinan harga satu set perangkat streaming itu akan melambung naik. Sedangkan Steam Machines sendiri diusung dengan konsep open-platform. Memanfaatkan SteamOS yang gratis, secara teori Anda bisa merancang Steam Machines sendiri.

Berbicara dengan BBC, seorang analis industri game dari Ovum, Ed Barton, mengungkapkan, "Saya pikir cukup wajar jika kita bilang bahwa penjualan Shield terbukti kurang baik. Dan jika device baru tersebut membutuhkan PC dengan komponen GPU Nvidia untuk bisa berjalan, maka hal ini malah akan mempersempit target pasar."

Bahkan dengan kualitas console yang PlayStation Vita berikan pada wilayah handheld, device gaming dari Sony ini masih menghadapi kesulitan dalam mempenetrasi market.

Walau begitu BBC juga mengungkapkan bahwa perangkat baru Nvidia itu bisa jadi dimaksudkan untuk memamerkan kemampuan Tegra K1, dan mendorong para produsen smartphone dan tablet untuk mengadopsinya. Lalu, apakah tablet dengan codename Mocha merupakan bagian dari proyek baru ini?

Gambar header: Blog Nvidia.