25 April 2013

by Iqbal Farabi

Rumor: Paten BlackBerry Indikasikan Perangkat BlackBerry 10 dengan Keyboard Fisik dan Slider

Sirkulasi rumor mengenai perangkat ponsel pintar nampaknya memang tak pernah berhenti. Belum lagi BlackBerry Q10 menyentuh pasaran, sudah muncul rumor mengenai perangkat yang kemungkinan akan menjadi perangkat ketiga yang berbasiskan sistem operasi BlackBerry 10.

Seperti yang dilansir oleh Ubergizmo, beredar sebuah bocoran dokumen dari kantor paten Amerika Serikat yang disinyalir merupakan paten yang diberikan kepada BlackBerry. Pada dokumen tersebut terdapat gambar perangkat yang sekilas mirip dengan perangkat BlackBerry Torch. Kemiripan utama perangkat dalam dokumen paten tersebut dengan BlackBerry Torch adalah terdapatnya keyboard fisik yang bisa diakses dengan mekanisme slider. Dokumen paten ini sendiri pertama kali diajukan oleh BlackBerry pada Desember 2011.

Seperti yang sudah diketahui, BlackBerry saat ini baru memiliki dua perangkat berbasis sistem operasi BlackBerry 10 yakni Z10 dan Q10. Seri Z10 tampil dengan spesifikasi layar sentuh saja, sementara Q10 hadir dengan menawarkan keyboard fisik. Sayangnya, salah satu aspek yang harus dikorbankan dari keberadaan keyboard fisik di BlackBerry Q10 adalah ukuran layar yang menjadi hanya 3,1 inchi. Jika benar diluncurkan perangkat yang menggunakan mekanisme slider seperti seri BlackBerry Torch, maka perangkat ini bisa jadi memuaskan segmen pengguna yang masih membutuhkan keyboard fisik tapi juga menginginkan ukuran layar yang besar.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai ada tidaknya perangkat yang sedang dipersiapkan oleh BlackBerry yang akan menggunakan paten ini. Menarik untuk disimak perkembangan rumor ini nantinya.

 

Sumber: Ubergizmo.