28 June 2014

by Bambang Winarso

[Rumor] Perangkat Baru Nokia Lumia dan Perangkat Windows Phone dari Lenovo Siap Rilis

Meski baru sekedar rumor, kabar segera munculnya seri Nokia Lumia berbasis Windows Phone 8.1 tetap jadi sajian menarik bagi siapapun di seluruh penjuru dunia.

Kabar tersebut terkuak dari laporan terbaru AdDuplex. Kabar yang beredar menyebutkan ada tiga model berbeda dari perangkat Nokia Lumia terbaru, yaitu model RM-983, RM-984, dan RM-985.

AdDuplex tak menampik bahwa perangkat Lumia terbaru tersebut masih berada di dapur Nokia - yang kini sudah dimiliki oleh Microsoft - namun perangkat ini diyakini adalah alternatif dari perangkat Nokia Lumia 930 atau yang dikenal juga sebagai Lumia Icon, model ini dikabarkan akan memiliki layar 5 inci dengan resolusi 720 x 1,280 piksel.

Tak banyak informasi yang bisa digali dari informasi AdDuplex selain kabar keberadaan kemungkinan tiga model Nokia Lumia terbaru, itu pun belum dapat dipastikan 100% kebenarannya.

Seri Nokia Lumia 930 merupakan salah satu perangkat unggulan di lini produk Lumia sebab dibekali komponen kamera PureView dengan kapasitas super besar 20MP, dilengkapi dengan lensa optik ZEISS dan juga fitur OIS (optical image stabilization). Tentunya akan menarik jika Microsoft akan merilis penerus atau alternatif perangkat dari seri ini.

 

Info Menarik: Type Your Ringtone, Bikin Sendiri Ringtone untuk Setiap Aplikasi

 

Selain kabar akan dirilisnya perangkat Nokia Lumia terbaru, dalam laporan terkini AdDuplex terendus pula kemunculan smartphone berbasis OS yang sama namun kali ini berasal dari vendor berbeda, yakni Lenovo. Dikutip dari Phonearena smartphone berbasis Windows Phone 8.1 besutan Lenovo mengusung kode nama Lenovo RD8x26, namun sayangnya informasi tambahan yang lebih lengkap tidak tersedia.

Rumor bahwa Lenovo sedang menggarap perangkat berbasis Windows Phone bukan kali pertama berhembus ke publik, Mei lalu vendor tersebut juga santer jadi bahan pemberitaan terkait perangkat yang sama. Besar kemungkinan Lenovo RD8x26 adalah perangkat yang dimaksudkan di rumor terdahulu.

Meski AdDuplex adalah perusahaan yang memiliki reputasi baik, namun kabar kemunculan perangkat dari dua vendor berbeda di atas belum dapat dijadikan referensi yang valid. Untuk itu, ada baiknya kita tunggu perkembangan lebih lanjut, baik Microsoft dan Lenovo diyakini akan membuat pengumuman perangkat baru di akhir tahun ini.

Sumber berita Phonearena dan gambar header ilustrasi Nokia Lumia 930 (Nokia).