Samsung Kabarnya Sedang Kembangkan Smart Speaker dengan Integrasi Bixby

Bakal bersaing dengan Amazon Echo, Google Home maupun yang terbaru, Apple HomePod

Rumor berhembus bahwa Samsung sedang menyiapkan produk untuk segmen smart speaker, segmen yang sedang begitu ngetren sampai-sampai Apple pun tidak mau kehilangan momentum. Peluncuran HomePod bulan lalu bisa jadi juga yang akhirnya memicu Samsung untuk ikut bersaing di ranah ini, apalagi mengingat mereka sekarang sudah punya asisten virtual-nya sendiri.

Kabar ini pertama kali diberitakan oleh Wall Street Journal, yang menyebutkan bahwa Samsung sedang mengembangkan sebuah speaker dengan integrasi asisten virtual Bixby. Kabarnya, perangkat ini sudah menjalani tahap pengembangan selama satu tahun, dan secara internal mendapat julukan “Vega”.

Spesifikasi maupun fiturnya masih misterius, dan WSJ bilang bahwa tim pengembangnya sendiri belum bisa menentukan secara final. Kemungkinan hal ini dikarenakan Bixby sendiri yang juga harus ditunda fitur voice-nya.

Terlepas dari itu, rumor ini terdengar sangat masuk akal karena Samsung sendiri memang punya visi besar buat Bixby, dan mereka berniat untuk mengintegrasikannya ke semua produk, bukan hanya smartphone saja, tapi juga perangkat macam lemari es. Tidak hanya itu, kehadiran smart speaker Bixby ini juga bisa menjadi pelengkap untuk lini perangkat smart home mereka di bawah bendera SmartThings – yang diakuisisi tiga tahun silam.

Tidak mau kalah dari Apple juga merupakan alasan yang sangat masuk akal, apalagi kalau meninjau sejarah persaingan antara kedua raksasa teknologi ini. Fungsi lain dari HomePod memang bisa untuk mengontrol perangkat smart home, dan speaker Bixby besutan Samsung ini semestinya juga memiliki fungsi serupa.

Sumber: SlashGear.