22 July 2014

by Yoga Wisesa

[Rumor] Screenshot Microsoft Windows 9 'Threshold' Muncul di Internet

Melalui sistem operasi terbaru dengan codename Threshold yang kabarnya akan segera Microsoft luncurkan pada kwartal pertama 2015, sang produsen OS berharap untuk membawa kembali Windows pada masa kejayaannya. Menurut informasi yang beredar, platform baru tersebut akan menyajikan kembali berbagai fitur yang membuat Windows 7 begitu digemari.

Pada awal tahun 2014, Microsoft sempat menginformasikan bahwa Start Menu akan kembali hadir di Windows 9. Ia dirancang sebagai kombinasi antara fungsi tradisional yang intuitif dan penampilan modern interface Live Tiles. Ukurannya pun tidak terlalu jauh berbeda dari Start Menu di Windows 7, dengan penampilan melebar ke kanan untuk menampilkan petak-petak info dan app.

Meneruskan berita itu, dua buah screenshot dipublikasikan oleh situs Myce. Satu gambar memperlihatkan tampilan Start Menu terbaru, dan satu lagi adalah bagian Live Tiles Metro UI yang berjalan di dalam window. Menurut laporan Myce, screenshot ini adalah penampilan Threshold dalam versi build 9757 pada tanggal 13 Juli dan merupakan bagian dari Feature Build Lab 'uip_dev'.

 

Info menarik: Seperti Windows 7, Windows 9 Dibuat Untuk Memanjai Pengguna Desktop

 

UIP ialah kependekan dari User Interface & Platform, dan bisa jadi merujuk pada tim yang bertanggung jawab pada perubahan tampilan Start Menu dan kernel. Anda bisa menyimak kedua gambar 'bocor' tersebut di bawah ini.

Hal paling menarik dari screenshot di atas adalah Microsoft masih me-label-kan versi Windows baru tersebut sebagai Windows 8.1 Pro. Namun menurut The Verge hal tersebut adalah branding sementara, hingga pengembangan dan proses uji coba sampai pada tahap lebih lanjut, serta Microsoft sudah mengkonfirmasi dan menyiapkan nama resminya.

Di screenshot kedua, akhirnya khalayak bisa memdapatkan gambaran bagaimana app Live Tiles berjalan di dalam window ataupun fullscreen. Dan setelah sekian lama, kita mendapatkan opsi untuk menutup Metro UI secara menyeluruh, dimana app tidak lagi berjalan di background - seperti yang terjadi di Windows 8.1 (untuk menghentikan proses sepenuhnya Anda harus mengakses Task Manager, dan di sana kita bisa melihat jumlah memori yang ia konsumsi).

 

Info menarik: Microsoft Rilis OS ‘Murah’, Windows 8.1 with Bing

 

Walaupun masih ada kemungkinan kedua screenshot tersebut merupakan rekayasa, The Verge cukup yakin dengan keasliannya - diambil dari salah satu versi development Windows 9. Rumor lain mengatakan bahwa personal assistant Cortana yang Microsoft adopsi dari franchise game Halo ke Windows Phone juga akan disuguhkan dalam Threshold.

Berkenaan dengan Windows 9, pengguna Windows 8.1 rencananya segera mendapatkan update besar kedua pada Musim Gugur tahun ini. Di dalamnya, Microsoft berencana untuk mengembalikan fungsi Start Menu sejati. Dengan begitu, terbuka kemungkinan bahwa apa yang Anda lihat di atas merupakan bagian dari update Windows 8.1, dan bukan Threshold.

Seperti yang Micrsoft sudah jelaskan sebelumnya, Threshold akan kembali memberikan kenyamanan pada pengguna PC desktop - navigasi yang dirancang penuh untuk keyboard dan mouse, dengan fitur layar sentuh khusus untuk beberapa device berbasis Windows tertentu.

Gambar header: Geeknado.