30 December 2014

by Bambang Winarso

Rumor Sebut Xiaomi Rambah Segmen Laptop, Seperti Inikah Wujudnya? (Updated)

Keperkasaan Xiaomi di sektor mobile sepertinya membuat vendor asal Tiongkok tersebut makin bersemangat menggenjot roda bisnisnya. Dikutip dari Gizmochina via Ubergizmo, Xiaomi kabarnya sudah mempersiapkan diri untuk terjun ke segmen laptop, bahkan wujud produknya sudah terkuak termasuk bocoran segelintir spesifikasi yang dibawa.

Di ranah mobile sepak terjang Xiaomi terbilang sangat mengesankan. Selama kuartal ketiga tahun 2014 mereka berhasil menduduki posisi ketiga sebagai vendor terbesar di dunia, hanya kalah dari Samsung dan Apple. Pencapaian ini selain sebagai pembuktian juga merupakan sebuah pernyataan tegas bagi para pesaingnya.

Dan rencana ekspansi ke segmen laptop pun bisa jadi sebuah peringatan bagi vendor yang sudah lebih dulu bermain di pasar yang sama. Sebab dengan strategi Xiaomi yang gemar memainkan sektor harga, bukan tidak mungkin mereka akan mengulangi apa yang sudah dilakukan di segmen mobile.

 

Info Menarik: Intel Indonesia Menatap Cerah Pasar IoT di Tanah Air

 

Kembali ke soal laptop garapan Xiaomi, situs GizmoChina melansir beberapa detail spesifikasi dan juga wujud perangkat yang dirumorkan. Selain spesifikasi, sumber juga mengait-ngaitkan kemiripan desain laptop Xiaomi dengan laptop MacBook Air buatan Apple kecuali di bagian logonya yang menampilkan milik Xiaomi.

Pendapat ini bukan yang pertama bagi Xiaomi. Sebelumnya rancangan sejumlah perangkat mobile mereka juga dikait-kaitkan dengan iPhone karena adanya beberapa kemiripan di dalamnya.

Kemudian soal spesifikasi, laptop buatan Xiaomi diyakini ditenagai oleh prosesor terkini Intel Haswell i7-4500u dengan memori dual channel 2 x 8GB dual, komponen ini menawarkan performa yang sudah barang tentu handal dalam banyak hal. Berikutnya perangkat membawa layar lebar 15 inci dengan resolusi 1080 piksel.

 

Info Menarik: Fokus di Sisi Teknologi, ZTE Akan Beralih ke Segmen High-End Smartphone di Tahun 2015

 

Terkait sistem operasi, seperti biasa Xiaomi tampaknya akan menyematkan semacam custom OS berbasis Linux dan perangkat ini dikabarkan akan dibanderol antara $481 per unitnya, banderol harga yang sangat terjangkau untuk ukurang laptop dengan spesifikasi di atas. Bagian ini yang patut diwaspadai oleh vendor lain.

Sayangnya belum ada keterangan resmi dari pihak Xiaomi terkait perangkat ini, beberapa analis juga masih ragu karena tampilan fotonya masih memiliki kemungkinan hasil olahan foto.

Namun jika mempertimbangkan kemampuan yang dipunyai oleh perusahaan asal Tiongkok ini, cukup masuk akal bila mereka memiliki rencana untuk merambah segmen lain. Selain smartphone, Xiaomi juga sudah menggeluti beberapa sektor bisnis antara lain TV Box, Router, Air Purifier dan tablet.

Updated:  Seperti keraguan para analis yang kami tuliskan di artikel di atas, informasi terbaru dari TechInAsia menyebutkan bahwa kabar tentang laptop dari Xiaomi tidak benar. Hal ini diamini oleh Xiaomi Communications Manager, Kaylene Hong, yang memberikan pernyataan ke situs tersebut.

Masih dari sumber yang sama menyebutkan bahwa gambar yang beredar di internet juga ternyata hanya olahan foto dari gambar yang pernah beredar di tahun 2011 yang adalah laptop clone buatan produsen Tiongkok yang meniru tampilan MacBook Air.