5 March 2015

by Glenn Kaonang

[Rumor] Smartwatch Android Wear Akan Kompatibel dengan Perangkat iOS?

Belakangan ini kita kebanjiran smartwatch baru yang rata-rata memiliki penampilan cukup menawan. Sistem operasi yang dijalankan beragam, namun mayoritas memilih Android Wear sebagai otaknya, seperti Huawei Watch dan LG Watch Urbane.

Di saat yang sama, pengguna perangkat iOS masih menanti kedatangan Apple Watch di bulan April nanti. Pun demikian, saya cukup yakin ada sejumlah konsumen yang lebih tertarik menyandingkan perangkat iOS-nya dengan smartwatch bertenaga Android Wear. Alasannya? Lebih banyak opsi smartwatch yang bisa mereka pilih sesuai dengan selera dan budget masing-masing.

Akan tetapi ketertarikan tersebut hingga detik ini masih mustahil direalisasikan. Smartwatch Android Wear hanya kompatibel dengan smartphone atau tablet Android saja, tidak ada dukungan untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi lain.

Info menarik:Pebble Perkenalkan Smartwatch Pebble Time Steel dan Berikan Detail Soal Aksesori Smartstrap

Belum lama ini, ada seorang developer yang berhasil menyambungkan smartwatch Moto 360 dengan iPhone 6 miliknya. Tanpa bantuan dari Google secara langsung, ia mengoprek APK yang diinstal ke Moto 360 sehingga smartwatch tersebut dapat menampilkan notifikasi yang diterima oleh iPhone 6-nya.

Memang ini merupakan solusi DIY (do-it-yourself) terapan seorang developer yang mungkin hanya sekedar iseng, namun ini adalah bukti bahwa secara teknis Android Wear bisa kompatibel dengan iOS. Di tengah perdebatan, muncul rumor yang mengatakan bahwa Google akan memperkenalkan dukungan perangkat iOS untuk Android Wear secara resmi pada ajang Google I/O di akhir bulan Mei nanti.

Jika rumor ini terbukti benar, jangan melihatnya sebagai ‘langkah bunuh diri’ Google terhadap Android Wear, dimana langkah ini bisa berdampak pada menurunnya penjualan perangkat Android. Google justru dapat menggaet dan meyakinkan para pemilik perangkat iOS bahwa ada seabrek alternatif smartwatch Android Wear lain yang bisa digunakan jika saja mereka tak tertarik dengan Apple Watch.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah sebagai pengguna perangkat iOS Anda akan tetap lebih memilih Apple Watch ketimbang smartwatch Android Wear? Atau malah banting setir menghindari peperangan ‘Apple vs. Google’ dengan membeli smartwatchPebble Time? :)

Sumber: 9to5Mac. Gambar header: Android.