13 February 2014

by Yoga Wisesa

Sony Sirius Akan Mendarat Pertama Kali di Indonesia?

Diumumkan di ajang Consumer Electronics Show 2014 di Las Vegas lalu, analis memperkirakan bahwa handset Sony Sirius bukanlah penerus tipe Z1. Hipotesis sebelumnya menyebutkan bahwa Sony kemungkinan besar akan meluncurkan dua model andalan mereka - Sirius dan Castor - pada MWC 2014 tanggal 24 Februari besok. Tapi kabar terbaru menyebutkan bahwa mereka malah akan meluncurkannya besar-besaran di Jakarta.

Xperia Blog melaporkan bahwa Sony Mobile akan melangsungkan konfrensi pers di Jakarta pada tanggal 5 Maret. Undangan ini dikirimkan pada media lokal dengan tagline 'Life is an incredible journey. Discover how with us on 5 March 2014!' - 'Hidup adalah perjalanan yang mengagumkan. Cari tahu bersama kami pada tanggal 5 Maret 2014'.

Poster undangan ini menggambarkan dua orang pria sedang melompat ke laut bersama-sama. Hal ini dapat menggambarkan bahwa apapun yang akan dirilis Sony nanti, memiliki kemampuan anti-air seperti beberapa smartphone mereka sebelumnya.

 

Info menarik: Sony Luncurkan Walkman MP3 Player yang Bisa Digunakan Sambil Berenang?

 

Dengan waktu hanya 10 hari setelah Mobile World Congress 2014, International Business Times berpendapat bahwa bisa jadi Sony akan menahan diri untuk meluncurkannya pada event tersebut dan baru melakukannya di Jakarta. Apalagi dengan Xperia Z1 Compact yang cukup populer di wilayah Indonesia.

Tapi tentu saja secara logika, Sony tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk memamerkan tipe-tipe baru mereka di MWC 2014 sebagai salah satu acara teknologi terbesar di dunia. Jadi walaupun Sony akan berniat untuk meluncurkan Sirius secara perdana di Jakarta, mereka kemungkinan akan tetap memamerkan handset ini pada ajang pameran gadget di Barcelona tersebut.

 

Info menarik: Robot Air Hockey dari Komponen Printer 3D?

 

Satu hal yang mendapatkan perhatian saya adalah tulisan 'Discover how with us on 5 March 2014!' Saya tidak mencoba menjadi 'grammar Nazi' atau guru bahasa, tapi bukankah penulisan tanggal yang tepat dalam Bahasa Inggris adalah 5th of March atau March 5th? Bisa jadi undangan ini dibuat oleh Sony lokal untuk membuat para jurnalis (dan pecinta gadget) penasaran. Tapi jangan kecewa juga jika ternyata 5 Maret bukanlah tanggal yang kita nanti-nanti.

Sejauh ini Sony Sirius dirumorkan akan ditenagai oleh sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, layar 5,2-inci dengan fitur X-Reality dan Triluminos, dilengkapi dengan user interface dan home launcher Xperia baru, prosesor Qualcomm Snapdragon 800, RAM sebesar 3GB (jumlah yang cukup unik), dan penyimpanan internal sebesar 16GB.

Produk ini diperkirakan akan memiliki kamera bersensor 20,7-megapixel dengan lensa Sony G, optik Carl Zeiss dan prosesor imaging BIONZ, ditambah mode setting kamera manual 15.5-megapixel yang mampu merekam video dengan kualitas 30 atau 60 frame rate per second.