1. Lifestyle

[Rumor] Source 2.0 Sedang Dalam Pengembangan Valve

Source Engine adalah sebuah 'mesin' game paling legendaris yang pernah dibuat. Dikembangkan oleh Valve Corporation dan diperkenalkan hampir sepuluh tahun yang lalu, banyak orang salah menyangka bahwa Half-Life 2-lah yang pertama kali menggunakan Source. Bukan, Counter-Strike: Source merupakan game pertama yang ditenagai engine ini.

Dari sana, semua tampak berjalan sangat mulus bagi Valve. Ada belasan game fenomenal lain yang dipersenjatainya, beberapa di antaranya: Counter-Strike: Global Offensive, Dear Eshter, Dota 2, Portal 2, Team Fortress 2. Dan jika Anda sadar, bahkan game teranyar untuk platform next-gen sekalipun masih mengandalkan engine yang 'menua' ini: Titanfall. Menua adalah istilah yang kurang tepat, Source berevolusi menjadi semakin matang.

Tapi jika kita pikir lagi, Valve memang sudah seharusnya merancang sesuatu yang baru: sesuatu yang mampu meneruskan warisan Source. Seorang userNeoGAF bernama crazy buttocks on a train (dikenal dengan nick CBOAT) memamerkan dokumen-dokumen presentasi yang bocor, berita ini kemudian ditelaah lebih lanjut oleh Valve Time, dan setelah menganalisanya lebih lanjut mereka cukup yakin bahwa ini adalah salah satu bukti pertama penampakan Source 2.0.

 

Info menarik: Game 3DS Mungkin Akan Hadir di Perangkat Android

 

Dokumen tersebut merupakan file presentasi PowerPoint sebanyak kurang lebih 20 slide. Satu slide yang paling menarik perhatian adalah gambar level Plantation pada permainan Left 4 Dead 2 dengan detail objek dan dedaunan yang lebih tinggi, serta pencahayaan dan efek bayangan yang lebih realistis.

Dan dalam slide lain kita bisa melihat bahwa terdapat angle yang berbeda dalam pengambilan screenshot, jadi jika dokumen tersebut merupakan hoax, maka tipuan ini adalah tipuan yang sangat menghabiskan waktu dan tenaga.

Dalam halaman yang sama kita juga bisa melihat bagaimana mereka meningkatkan efek cahaya dan pengambilan objek dari jauh. Mereka juga membandingkan kualitas Left 4 Dead 2 versi orisinil dengan varian yang sudah dipersenjatai Source 2.0. Dan jika memang benar terdapat total 20 slide PowerPoint, maka ada 17 slide yang belum terungkap secara lebih jelas.

Kalimat-kalimat teknis yang masih bisa terbaca pada screenshot tersebut adalah:

Sang user bernama CBOAT itu juga tampaknya memiliki reputasi tersendiri di komunitasnya. Ia adalah individu yang berhasil menebak native resolution Xbox One yang lebih rendah dari PlayStation 4, info tentang Dead Rising 3 dan beberapa berita yang berkaitan dengan Microsoft lain.

Walaupun tidak semua bocoran CBOAT akurat, kita tidak boleh menyepelekannya. Gabe Newell sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menggarap versi terbaru Source Engine, namun masih 'menunggu game yang tepat untuk dirilis bersama dengannya'.

Tapi itu tidak berarti Valve mengkonfirmasi Left 4 Dead 3 atau Half-Life 3. Salah satu kelemahan terbesar Valve adalah mereka tidak pernah memberikan jawaban gamblang jika ditanya soal waktu rilis...

Sumber berita dan gambar: Valve Time.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again